relation: http://eprints.uny.ac.id/24361/
title: PENGEMBANGAN MULTIMEDIA DAN MEDIA KIT PENDIDIKAN AGAMA DI SEKOLAH DASAR
creator: C. Asri Budiningsih, Dr.
creator: Christina Ismaniati, DR., M.Pd
creator: Amir Syamsudin, M. Ag
subject: LPPM
description: Sumber belajar dan media pembelajaran amat penting sebagai acuan dalam pemilihan pesan   pembelajaran serta menentukan aktivitas belajar siswa. Tercapainya misi dan tujuan pendidikan  agama SD erat kaitannya dengan kurikulum, penyediaan sumber-sumber belajar, media  pembelajaran serta pendekatan pembelajaran. Hasil penelitian (2009) menunjukkan bahwa bukubuku    teks Pendidikan Agama SD belum berpijak pada pendekatan kognitif-struktural dialogalkomunikatif    dalam interaksi iman. Kurang mengembangkan kreatifitas dan spontanitas, kurang  menumbuhkan sikap mengasihi dan menghormati orang-orang yang berbeda, kemampuan siswa  mengolah dan memelihara alam kurang dikembangkan, kurang memberikan pemahaman akan  bukan hukum atau peraturan tetapi keiklasan dan sukarela.        Penelitian tahun pertama (2010) mengembangkan 4 topik multimedia (CD pembelajaran)  Pendidikan Agama SD (Islam, Kristen, Katolik) meliputi; ”Berbeda Tetap Bersahabat”,  ”Mencintai Lingkungan”, ”Aku Bisa Kamu Juga Bisa”, serta ”Akrab dan Damai” sebagai  suplementasi pesan-pesan pembelajaran yang kurang dikembangkan di dalam buku-buku teks.  Pengembangan multimedia dikemas dalam bentuk teks, animasi, narasi dan video, berpijak pada  pendekatan kognitif-struktural dilengkapi cerita-cerita yang menggambarkan konteks kehidupan  anak, menggunakan pendekatan kognitif-struktural dialogal-komunikatif dalam interaksi iman  sehingga iman berkembang secara bertahap menuju terbentuknya iman yang otonom. Tujuannya   membantu para guru mengajarkan materi-materi berat, sulit dan abstrak, untuk mencapai misi  dan tujuan pendidikan agama.       Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran Agama (Islam, Kristen, Katolik) di SD  yang dilakukan dengan mengguna-kan multimedia dan media kit, lebih efektif dibandingkan  dengan pembelajaran Agama melalui cerita guru yang disertai gambar. 2)  Pembelajaran Agama  (Islam, Kristen, Katolik) di SD-SD dengan kategori baik, sedang dan kurang yang dilakukan  dengan menggunakan multimedia dan media kit, menunjuk-kan skor rerata perkembangan  keimanan siswa sbb: a)  Sekolah dengan kategori baik, skor rerata perkembangan keimanan  siswa 83,895. b) Sekolah dengan kategori sedang, skor rerata perkembangan keimanan siswa  86,384. c) Sekolah dengan kategori kurang, skor rerata perkembangan keimanan siswa 84,712.  3)  Dari tema-tema yang dipelajari yang terdiri dari; (1) ”Kucinta Lingkunganku”, (2) ”Aku dan  Kamu Bisa”, (3) ”Kita Semua Bersahabat”, serta (4) ”Aku Merasa Damai”, menunjukkan bahwa  skor rata-rata untuk tema (1) 84,251, tema (2) 86,221, (3) 84,657, (4) 84,859.
date: 2012
type: Article
type: PeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/24361/1/ABSTRAK.pdf
identifier:   C. Asri Budiningsih, Dr. and Christina Ismaniati, DR., M.Pd and Amir Syamsudin, M. Ag  (2012) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA DAN MEDIA KIT PENDIDIKAN AGAMA DI SEKOLAH DASAR.  Artikel Penelitian Hibah Kompetensi.