%A Andayani RA Rahmi D %A Widyantoro Agus %A Hidayanto Nur %X Penelitian ini dilatari oleh penelitian Hibah Bersaing lanjutan yang dilakukan oleh Andayani, Rahmi D. dkk. (2007-2008) yang bertujuan untuk membuat model pembelajaran English Immersion Program dan sosialisasi model tersebut di tingkat SMP di program Basic Sciences. Peneliti melanjutkan penelitian tentang Partial Immersion Program di tahun 2009 dan di tahun 2010 peneliti memproduksi Partial Immersion Clue Sebagai Buku Ajar dalam Pembelajaran Berbahasa Inggris di Social Sciences and Languages Letters di tingkat SMP. Sebagai tindak lanjut implementasi model dan produksi buku ajar, peneliti mencoba mengimplementasikan model Bilingual Partial Immersion Program menuju SMK bertaraf internasionaL di Daerah IstimewaYogyakarta. Metode berupa descriptive qualitative dan quantitative. Data didapat dari observasi, wawancara, field note, dan penyebaran questionnaire. Untuk validasi dan triangulasi peneliti menggunakan peer correction, pencocokan teori, dan recheck pada penelitian terdahulu. Hasil penelitian di tahun pertama meliputi deskripsi mengenai (1) implementasi model pembelajaran Bilingual Partial Immersion Program menuju SMK bertaraf international di DIY; (2) alasan pemberian materi General English, Describing Language Skills, Listening, Speaking, Lesson Plan, Classroom English, Classroom Management, Teaching Media, dan Evaluation; (3) persepsi siswa, guru, orang tua, dan kepala sekolah sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang terjadi; (4) pelaksanaan pelatihan untuk guru berdasarkan analisis kebutuhan berdasar hasil persepsi tersebut; (5) tutorial pembuatan lesson plan sesuai dengan bidang ajar dan workshop dalam bentuk micro teaching berdasarkan implementasi model tersebut. %O Laporan Penelitian Hibah Bersaing 2012 %L UNY24348 %D 2012 %T BILINGUAL PARTIAL IMMERSION PROGRAM SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN BERBAHASA INGGRIS MENUJU SMK BERTARAF INTERNASIONAL DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA