%L UNY24233 %D 2015 %T POLA ASUH ORANG TUA SISWA BERPRESTASI DI KELAS V SD NEGERI SIDAKAN BANARAN GALUR KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014/2015 %I PGSD %A Septi Nur Utami %X Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil wawancara dengan guru yang menyatakan bahwa terdapat tiga siswa di kelas V yang prestasinya selalu unggul dari kelas I. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua siswa berprestasi di kelas V SD Negeri Sidakan, Banaran, Galur, Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian meliputi ketiga orang tua siswa berprestasi di kelas V SD Negeri Sidakan. Obyek dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua siswa berprestasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa ketiga orang tua siswa banyak memberikan dukungan (responsiveness) kepada anak, namun ada salah satu orang tua yang lemah pada salah satu sub aspek, yaitu pada sub aspek menghargai setiap keberhasilan siswa. Setiap kegiatan siswa yang positif didukung oleh orang tua, kebutuhan anak diperhatikan. Orang tua menghargai setiap keberhasilan yang diperoleh anak. Ketiga orang tua siswa menerapkan kontrol/tuntutan (demandingness) yang tinggi kepada anak. Aktivitas yang dilakukan siswa dikontrol oleh orang tua. Anak dituntut untuk mendapatkan nilai yang bagus dan mematuhi peraturan yang dibuat. Orang tua akan memberikan sanksi berupa teguran dan tidak memberikan hak kepada anak apabila tidak mematuhi peraturan yang dibuat. Kata kunci : pola asuh orang tua, siswa berprestasi.