TY - THES Y1 - 2015/07/30/ ID - UNY24225 A1 - Putra, Dia Pradana TI - STRATEGI GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 2 TASKOMBANG KECAMATAN MANISRENGGO PB - PGSD AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru kelas dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013. Tahun Pelajaran 2014/2015 Kecamatan Manisrenggo Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di SD Negeri 2 Taskombang. Objek penelitian ini adalah strategi guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 dan kesiapan sekolah mengimplementasikan Kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam mengumpulan data adalah metode wawancara dan metode observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan teknik interaktif model yaitu dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Strategi guru sekolah dasar dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 yaitu menggunakan metode pembelajaran berbasis saintifik yang terdiri dari kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, mengkomunikasikan. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik guru menggunakan penilaian autentik.(2) Persiapan yang dilakukan sekolah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013 adalah melengkapi sarana dan prasarana sekolah misalnya melengkapi koleksi buku perpustakaan yang sesuai dengan Kurikulum 2013, menyediakan alat peraga bagi guru serta melakukan koordinasi dengan berbagai pihak mulai dari guru, masyarakat, komite sekolah serta pendampingan dari pengawas TK/SD UPTD Kecamatan Manisrenggo. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan kepala sekolah melakukan evaluasi berkala mulai dari memeriksa administrasi guru dan melakukan rapat guru setiap hari Sabtu. Kata Kunci: strategi guru, kesiapan sekolah, implementasi Kurikulum 2013 M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/24225/ ER -