TY - THES PB - PG PAUD A1 - Nur Anisa, Dwi Utami Y1 - 2015/07/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran mandiri (belajar melalui tindakan) terhadap minat belajar anak kelompok B di TK ABA Plus Al-Firdaus, Mancasan, Pandowoharjo, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Subjek penelitian ni adalah anak kelompok B di TK ABA Plus Al-Firdaus yang berjumlah 11 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah membandingkan rata-rata skor pretest dan posttest serta menghitung perbedaan rerata dengan uji-t. Uji-t digunakan untuk mengetahui apakah hipotesis penelitian yang diajukan diterima atau tidak. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran mandiri (belajar melalui tindakan) terhadap minat belajar anak kelompok B. Terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest. Rata-rata skor pretest menunjukkan bahwa minat belajar anak kelompok B masih rendah dan rata-rata skor posttest menunjukkan minat belajar anak sangat tinggi. Hal ini membuktikan bahwa minat belajar anak kelompok B setelah diberi treatment berupa strategi pembelajaran mandiri (belajar melalui tindakan) lebih baik dibandingkan dengan kondisi awal. Kata kunci : strategi belajar, belajar melalui tindakan, minat belajar. UR - http://eprints.uny.ac.id/24218/ M1 - skripsi ID - UNY24218 AV - public TI - PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN MANDIRI (BELAJAR MELALUI TINDAKAN) TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK KELOMPOK B TK ABA PLUS AL FIRDAUS MANCASAN, PANDOWOHARJO, SLEMAN ER -