%0 Journal Article %A AK, Prodjosantoso %A Endang, Widjajanti LFX %A Marfuatun, Marfuatun %A LPPM UNY, %D 2012 %F UNY:24198 %J Artikel Penelitian Guru Besar %K Pengayaan Kurikulum, Kurikulum Rujukan, Larutan Penyangga, Kreativitas Belajar Kimia, Kemandirian Belajar Kimia %T Pengembangan Kurikulum Kimia SMA RSBI Menggunakan Kurikulum Rujukan dari Negara Anggota Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) %U http://eprints.uny.ac.id/24198/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk kurikulum kimia R SMA BI berupa silabus dan RPP kimia untuk kelas XI Semester II melalui adaptasi dan/atau adopsi kurikulum kimia kurikulum kimia dari negara Singapura, dan mengetahui keterlaksanaannya sebagai hasil. Penelitian ini temasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D) yang dilakukan dengan mengacu pada model 4-D dengan tahapan Define, Design, Development, dan Dissemination. Namun demikian penelitian ini hanya dilaksanakan sampai pada tahap Development. Subjek coba pada penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 7 Purworejo sejumlah 36 orang dengan rincian: 8 peserta didik untuk uji kelompok kecil dan 28 peserta didik untuk uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, tes (post-test), dan lembar jawaban peserta didik pada lembar diskusi. Masukan terhadap silabus dan RPP hasil pengembangan pada tahap penilaian oleh ahli materi kimia, ahli pembelajaran, peer reviewer, guru kimia R SMA BI dan pada tahap uji kelompok kecil digunakan sebagai dasar untuk perbaikan silabus dan RPP pada ujicoba tahap berikutnya. Penelitian ini memberikan hasil sebagai berikut: (1) pengembangan silabus dan RPP hasil pengembangan kurikulum kimia menggunakan kurikulum rujukan dari Singapura ini dilaksanakan sesuai dengan prosedur pengembangan kurikulum; (2) kualitas silabus dan RPP secara keseluruhan berkualitas “Sangat Baik” dan layak digunakan dalam pembelajaran kimia di SMAN 7 Purworejo; dan (3) Keterlaksanaan silabus dan RPP kimia kelas XI semester II R SMA BI hasil adaptasi dan/atau adopsi kurikulum kimia R SMA BI terhadap kurikulum kimia dari negara Singapura ditinjau dari uji coba terhadap peserta didik dapat “terlaksana dengan baik”. %Z Laporan Penelitian Guru Besar 2012