%T Estimasi Kesalahan Pengukuran Perangkat Soal Uji Coba Ujian Nasional Mata Pelajaran Ekonomi SMA di Kabupaten Banjarnegara %D 2015 %I UNY %A Khotimah Marjiastuti %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik perangkat soal uji coba UN mata pelajaran ekonomi SMA; (2) mengestimasi kesalahan pengukuran perangkat soal uji coba UN mata pelajaran ekonomi SMA dan (3) mengetahui metode yang paling akurat dalam mengestimasi kesalahan baku pengukuran perangkat soal uji coba UN mata pelajaran ekonomi SMA di Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015. Data diperoleh dari respon peserta didik terhadap perangkat soal uji coba UN mata pelajaran ekonomi SMA di Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015 yang berasal dari 13 SMA Negeri dan swasta. Jumlah lembar jawab yang dianalisis sebanyak 809 lembar yang diperoleh dari dua paket soal yakni paket 1 dan paket 2. Teknik pengambilan data menggunakan teknik dokumentasi. Metode yang digunakan untuk mengestimasi kesalahan pengukuran perangkat soal tersebut adalah metode Thorndike, Binomial Lord modifikasi Keats, Analisis Varians dan Teori Respon Butir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) soal paket 1 memiliki 13 butir soal atau 32,5% soal dengan kategori baik dari total soal 40 butir, sedangkan soal paket 2 memiliki 20 butir soal atau 50% soal dengan kategori baik dari total soal 40 butir; (2) estimasi kesalahan baku pengukuran berdasarkan metode Thorndike, Binomial Lord modifikasi Keats, Analisis Varians dan Teori Respon Butir untuk paket satu secara berturut-turut 1,8005; 0,8742; 2,7873 dan 0,1990-1,0320. Estimasi kesalahan baku pengukuran berdasarkan metode Thorndike, Binomial Lord modifikasi Keats, Analisis Varians dan Teori Respon Butir untuk paket dua secara berturut-turut 1,7673; 0,8392; 2,8302 dan 0,2005-1,0073; (3) metode yang paling akurat dan menghasilkan estimasi terkecil untuk kedua paket soal yaitu metode Binomial Lord modifikasi Keats. Kesimpulannya soal paket 2 lebih baik bila digunakan untuk pengukuran dibandingkan soal paket 1 karena memiliki kesalahan baku pengukuran yang lebih kecil. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru hendaknya melakukan analisis estimasi kesalahan pengukuran perangkat soal uji coba UN mata pelajaran ekonomi SMA di Kabupaten Banjarnegara secara berkelanjutan sehingga dapat dijadikan sebagai bank soal yang baik. %K estimasi kesalahan pengukuran, perangkat tes, uji coba Ujian Nasional %L UNY24147