%0 Thesis %9 S1 %A Widyo Hananto %A Dapan, %B PGSD Penjas %D 2015 %F UNY:24146 %I Fakultas Ilmu Keolahragaan %K pembelajaran, tolak peluru, bermain %T UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN TOLAK PELURU DENGAN PENDEKATAN BERMAIN MENOLAK BOLA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI POLOWANGI PITURUH KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2014/2015 %U http://eprints.uny.ac.id/24146/ %X Hasil belajar tolak peluru siswa saat ini masih belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajaran tolak peluru dengan pendekatan bermain menolak bola pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Polowangi Pituruh Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua (2) siklus, setiap siklus dua kali pertemuan dan setiap pertemuan 2 X 35 menit. Kelas yang diteliti yaitu siswa kelas IV SD N Polowangi Pituruh Kabupaten Purworejo, yang berjumlah 22 anak, dengan rincian siswa putra 8 dan siswa putri 14. Data diambil sebelum proses pembelajaran, pada saat proses pembelajaran dan sesudah pembelajaran oleh peneliti bersama kolaborator, dengan menggunakan tabel observasi dan pendapat siswa melalui angket tanggapan siswa yang di bagikan sesudah pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan pendekatam bermain menolak bola pada siswa kelas IV SD N Polowangi Pituruh Kabupaten Purworejo, dapat meningkatkan keaktifan anak hingga 100% kategori baik dan perkembangan gerak tolak peluru anak 91% (20 anak) baik, 9% (2 anak) kategori cukup. Sehingga Upaya peningkatan pembelajaran tolak peluru dengan pendekatan bermain dapat dikatakan berhasil dengan baik.