TY - THES N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penguasaan konsep IPA yang baik dapat mempermudah siswa dalam mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA melalui metode role playing pada siswa kelas V di SD Negeri Cerme Panjatan Kulon Progo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Cerme. Desain penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk mengukur penguasaan konsep IPA, lembar observasi guru untuk mengukur keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi siswa untuk membahas kegiatan role playing. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa kelas V SD Negeri Cerme. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai penguasaan konsep IPA pada pra siklus yaitu 70,5. Setelah menerapkan metode role playing pada siklus I, rata-rata nilai penguasaan konsep IPA meningkat menjadi 74,2. Pada siklus II dilakukan upaya perbaikan yaitu dengan sintaks role playing yang sama, naskah role playing disederhanakan dan naskah diberikan kepada siswa sehari sebelum pembelajaran IPA dilaksanakan. Rata-rata nilai penguasaan konsep IPA pada siklus II meningkat menjadi 78,1. Kriteria keberhasilan sudah terpenuhi dan penelitian dihentikan. Kata kunci : Penguasaan Konsep IPA, Role Playing M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/24052/ Y1 - 2015/07/29/ ID - UNY24052 PB - PGSD TI - PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP IPA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI CERME PANJATAN KULON PROGO A1 - Tamtama, Niko AV - public ER -