@phdthesis{UNY24042, year = {2015}, author = {Tri Sakti Herlinawati}, month = {August}, school = {UNY}, title = {Peningkatan Kreativitas dan Prestasi Belajar Melalui Metode Project-Based Learning (PjBL) di Kelas IV SDN Karangmojo III Gunungkidul Tahun Pelajaran 2014/2015}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa melalui metode PjBL pada siswa kelas IV di SDN Karangmojo III, Karangmojo, Gunungkidul. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas atau classroom action research. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, catatan lapangan dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi rating scale, tes prestasi belajar dan tes kreativitas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik diskriptif Hasil penelitian yang dilakukan di di kelas IV SDN Karangmojo III Gunungkidul Tahun Pelajaran 2014/2015 pada aspek kreativitas dan prestasi belajar melalui metode PjBL menunjukan bahwa melalui metode PjBL dapat meningkatan kreativitas dan prestasi belajar siswa, meliputi aspek keterampilan, aspek pengetahuan, aspek sikap dan kreativitasnya. Pada aspek keterampilan dari 63,83 kategori kurang baik pada siklus I, meningkat menjadi 83,44 kategori baik pada sikus II. Aspek sikap dari 31,67 katagori cukup baik pada sikus I meningkat menjadi 40,78 pada siklus II. Aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajarnya 67 \% pada siklus I, meningkat menjadi 83 \% siswa yang belajar tuntas pada siklus II. Rata-rata tes pengetahuan dari sebesar 76,39 pada siklus I, meningkat sebesar 79, 44 pada siklus II. Tes kreativitas siswa dari 57 kategori baik pada siklus I, meningkat menjadi 69 kategori sangat baik pada siklus II. Kualitas pelaksanaan pembelajaran guru dengan metode PjBL juga meningkat. Siklus I memperoleh skor 64 kategori baik, meningkat menjadi 81 masuk kategori sangat baik pada siklus II.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/24042/}, keywords = {kreativitas, prestasi belajar, metode Project-Based Learning} }