%0 Thesis %9 S1 %A Anggara, Yoga Dwi %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:23983 %I PGSD %T IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEDISIPLINAN SISWA KELAS IV SD UNGGULAN AISYIYAH BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015 %U http://eprints.uny.ac.id/23983/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai kedisiplinan yang dilakukan oleh guru kepada siswa, serta mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dialami oleh guru dalam mengimplementasikan nilai- nilai kedisiplinan pada kelas IV SD Unggulan Aisyiyah Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Fokus penelitian adalah implementasi nilai kedisiplinan yang dilakukan di kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian guru kelas dan siswa kelas IV SD Unggulan Aisyiyah Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan) Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IV Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah Bantulmengimplementasikan nilai kedisiplinan pada siswa dengan menggunakan teknik pengintegrasian nilai yang meliputi; kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Pada penerapannya guru menggunakan peraturan, hukuman, konsistensi dan penghargaan sebagai pedoman.Hambatan yang dialami guru dalam mengimplementasikan nilai kedisiplinan yaitu pelaksanaan implementasi masih terpaku pada aturan sekolah, program belum berjalan jika belum ada perintah dari sekolah, dan guru pengganti masih kesulitan mengkondisikan siswa di kelas ketika menggantikan guru kelas. Kata kunci: Implementasi nilai, nilai kedisiplinan, implementasi nilai kedisiplinan