%T HUBUNGAN KECERDASAN SPASIAL DAN KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK N 2 DEPOK %L UNY23904 %D 2015 %X HUBUNGAN KECERDASAN SPASIAL DAN KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK N 2 DEPOK Oleh: Hermawan Rochmadi NIM. 11503241016 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui hubungan antara kecerdasan spasial dengan kemampuan membaca gambar teknik, (2) mengetahui hubungan antara kecerdasan logis-matematis dengan kemampuan membaca gambar teknik, dan (3) mengetahui hubungan antara kecerdasan spasial dan kecerdasan logis-matematis secara bersama-sama dengan kemampuan membaca gambar teknik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Variabel dalam penelitian ini adalah kecerdasan spasial (X1), kecerdasan logismatematis (X2), dan kemampuan membaca gambar teknik (Y). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Pemesinan dan sampel pada penelitian ini adalah 53, penentuan sampel menggunakan perhitungan rumus dari Isaac dan Michael dengan taraf signifikansi 5%. Pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan spasial dengan kemampuan membaca gambar teknik dengan koefisien korelasi (ryx1 ) sebesar 0,371, (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan logis-matematis dengan kemampuan membaca gambar teknik dengan koefisien korelasi (ryx2 ) sebesar 0,363, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan spasial dan kecerdasan logis-matematis secara bersama-sama dengan kemampuan membaca gambar teknik dengan koefisien korelasi (Ryx1 %A Rochmadi Hermawan %I UNY