%L UNY23891 %X Penggunaan metode ceramah oleh guru saat pembelajaran mengakibatkan pembelajaran menjadi monoton. Belum dimanfaatkannya komik sebagai sumber belajar serta masih belum banyak guru yang mengembangkan komik sebagai sumber belajar membuat siswa kurang tertarik saat pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui cara mengembangkan komik; 2) mengetahui kelayakan komik sebagai sumber belajar IPS dengan materi Konektivitas Antar Ruang untuk siswa SMP Kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Responden penelitian terdiri atas seorang ahli materi, seorang ahli media, seorang guru IPS, dan 26 siswa SMP kelas VII. Pengumpulan data menggunakan lembar penilaian untuk ahli media, ahli materi, dan guru IPS serta lembar tanggapan untuk siswa SMP Kelas VII. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk berupa komik dengan nama KOMIKA (Komik Konektivitas Antar Ruang). 1) KOMIKA dikembangkan melalui lima langkah, pertama pembuatan ide cerita, kedua sketching, ketiga penintaan, keempat pewarnaan, kelima pemberian teks. Komik yang sudah jadi selanjutnya dicetak dan dijilid. 2) Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi, rerata nilai yang diperoleh sebesar 4,07 dengan kriteria Baik. Hasil validasi oleh ahli media menunjukkan rata-rata sebesar 4,09 dengan kriteria Baik. Hasil validasi terakhir yang dilakukan Guru IPS SMP menunjukkan hasil 4,67 atau kriteria Sangat Baik. Hasil tanggapan siswa SMP kelas VII menunjukkan hasil 4,254 atau Sangat Baik. Berdasarkan hasil validasi, komik sebagai sumber belajar IPS yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan. Kata kunci: sumber belajar, komik, IPS. %A Mayangsari Suci Bintari %T PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DENGAN MATERI KONEKTIVITAS ANTAR RUANG UNTUK SISWA SMP KELAS VII %I UNY %D 2014