@phdthesis{UNY23881,
          school = {Universitas Negeri Yogyakarta},
            year = {2015},
           month = {July},
          author = {Erina Rahmawati},
           title = {KEEFEKTIFAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW)   
DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN 
PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 NGLUWAR  
MAGELANG,  JAWA TENGAH},
        abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk  (1) mengetahui perbedaan kemampuan 
menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri  1 Ngluwar yang mengikuti 
pembelajaran menulis teks ulasan menggunakan statategi Think Talk Write (TTW) 
dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks ulasan tanpa 
menggunakan stategi  Think Talk Write  (TTW), (2) keefektifan penggunaan 
strategi Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran menulis teks ulasan di kelas 
VIII SMP Negeri 1 Ngluwar Magelang. Strategi TTW dipilih karena, strategi ini 
membantu mengembangkan tulisan siswa dengan lancar dan melatih berbahasa 
dengan lancar. 
Penelitian ini merupakan  penelitian eksperimen dengan menggunakan 
desain prates-pascates control group design. Variabel penelitian ini ada dua, yaitu 
variabel bebas berupa penggunaan strategi Think Talk Write (TTW) dan variabel 
terikat berupa keterampilan menulis teks ulasan. Populasi penelitian ini adalah 
siswa kelas VIII SMP Negeri  1 Ngluwar Magelang. Penentuan sampel 
menggunakan teknik  purposive sample.  Berdasarkan teknik  tersebut diperoleh 
kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. 
Hasil uji  normalitas menunjukkan bahwa  data penelitian berdistribusi normal. 
Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data penelitian homogen. 
 Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t pada taraf 
signifikansi 5\%. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor pascates antara 
kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa  terdapat 
perbedaan yang signifikan kemampuan menulis teks ulasan yang mengikuti 
pembelajaran dengan menggunakan strategi TTW dan yang mengikuti 
pembelajaran tanpa strategi TTW. Setelah dilakukan uji-t prates-pascates masing-
masing kelompok, terlihat bahwa selisih rata-rata skor  prates  dan  posttes 
kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol. Kenaikan rata-rata 
pascates kelompok eksperimen (9,86) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol 
(5,93). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa strategi TTW efektif digunakan 
dalam pembelajaran menulis teks ulasan kelas VIII SMP Negeri  1 Ngluwar 
Magelang.},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/23881/}
}