@phdthesis{UNY23848, author = {Afifah Luthfani}, title = {PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DAN BIMBINGAN ORANG TUA SEBAGAI FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS (STUDI KASUS PADA SISWA YANG BELAJAR IPS DAN AKTIF KE PERPUSTAKAAN DI SMP NEGERI 2 MERTOYUDAN)}, year = {2014}, school = {Fakultas Ilmu Sosial}, url = {http://eprints.uny.ac.id/23848/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan perpustakaan dan bimbingan orang sebagai faktor yang berpengaruh terhadap motivasi siswa yang belajar IPS dan aktif ke perpustakaan SMP Negeri 2 Mertoyudan. Penelitian ini merupakan Penelitian Studi Kasus dengan populasi seluruh siswa SMP Negeri 2 Mertoyudan yang belajar IPS dan aktif ke perpustakaan yang berjumlah 21 orang. Pengambilan responden dilakukan dengan menentukan kriteria sehingga diperoleh 21 siswa yang belajar IPS dan aktif ke perpustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan dengan teknik expert judgment (pakar keilmuan). Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) siswa yang datang ke perpustakaan dengan intensitas kunjungan 4-6 kali dalam seminggu hanya sebanyak 9,8\%, b) siswa yang belajar IPS di perpustakaan hanya 6,2\% 23 siswa dari 393 siswa, c) rata-rata siswa berkunjung ke perpustakaan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu yaitu sebesar 62\%, d) siswa yang tidak pernah berkunjung ke perpustakaan sebanyak 69 siswa atau sebesar 17,6\% dari 393 siswa, e) sebanyak 45\% (170 siswa) dari 393 siswa didampingi saat belajar IPS, f) sebanyak 39\% (148 siswa) dari 393 siswa difasilitasi dalam belajar IPS, g) pemanfaatan perpustakaan memilki pengaruh sebesar 49\% terhadap motivasi belajar IPS pada 21 siswa, h) bimbingan orang tua memiliki pengaruh sebesar 51\% terhadap motivasi belajar IPS pada 21 siswa. Kata Kunci: Pemanfaatan Perpustakaan, Bimbingan Orang Tua, Motivasi Belajar} }