%0 Thesis %9 S1 %A Adnin, Aulia Yushlihannisa %A Mahendra Adhi Nugroho, M.Sc., %B Pendidikan Akuntansi %D 2015 %F UNY:23842 %I Fakultas Ekonomi UNY %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MIND-MAP AKUNTANSI BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS XI IPS SMA %U http://eprints.uny.ac.id/23842/ %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan mind-map akuntansi berbasis Android sebagai media pembelajaran siswa kelas XI IPS SMA. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Mind-map Akuntansi berbasis android kelas XI IPS SMA berdasarkan validasi oleh ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran Akuntansi. (3) Mengetahui pendapat siswa mengenai penggunaan Mind-map Akuntansi berbasis Android sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengikuti model penelitian pengembangan ADDIE (Analysis, design, development, implementation, evaluation) yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap implementasi. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan praktisi pembelajaran Akuntansi (guru Akuntansi SMA). Media yang dikembangkan diujicobakan pada 28 siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pengasih. Hasil penelitian in menunjukkan bahwa media layak untuk digunakan, terbukti dengan validasi oleh ahli materi yang mendapat nilai rata-rata 4,75 dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media yang mendapat nilai rata-rata 4,38 dengan kategori “Sangat Layak”, dan praktisi pembelajaran Akuntansi yang mendapat nilai rata-rata 4,10 dengan kategori “Layak”. Siswa berpendapat bahwa media dikemas dengan menarik dan praktis, tampilan Mind-map yang memetakan pikiran dapat memudahkan siswa dalam pembelajaran dan mendorong rasa ingin tahu untuk belajar Akuntansi, menambah pemahaman tentang Akuntansi, dan menambah minat siswa dalam belajar Akuntansi. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Mind-map Accounting, Android.