TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/23785/ AV - public KW - Pembelajaran Seni Budaya KW - Keterampilan. TI - PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SINGODUTAN, TANDON, PARE, SELOGIRI, WONOGIRI. ID - UNY23785 M1 - skripsi A1 - Kurniawan, Aris PB - Prodi. Pendidikan Seni Kerajinan N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran seni budaya dan keterampilan khususnya pada keterampilan batik jumputan. Meliputi persiapan pembelajaran, proses pembelajaran batik jumputan, evaluasi karya yang dihasilkan dari pembelajaran batik jumputan, dan penilaian pembelajaran batik jumputan kelas V di Sekolah Dasar Negeri Singodutan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dengan bantuan instrumen lain berupa pedoman wawancara, observasi, alat tulis, dan kamera foto. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah membuat penyajian data, reduksi, dan membuat kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber serta triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Persiapan pembelajaran batik jumputan kelas V Sekolah Dasar Negeri Singodutan. Persiapan yang dilakukan oleh guru dengan merancang RPP dan silabus. Indikator dirancang untuk meningkatkan kreativitas, kemandirian dan bekerja sama. (2) Proses dan pelaksanaan pembelajaran batik jumputan yaitu membuat taplak meja dengan teknik jumputan secara berkelompok. (3) Hasil karya dan evaluasi karya batik jumputan dilakukan pada karya yang dihasilkan. Kelompok 1 sudah mampu mengembangkan motif lingkaran menjadi sebuah pola yang baik. Kelompok 2 sudah menguasai konsep tetapi kurang bisa mengembangkan penataan motif dan polanya. Kelompok 3 mampu menguasai konsep tetapi penerapannya pada karya taplak meja kurang maksimal. Kelompok 4 menguasai konsep dan mampu menerapkannya dengan mengembangkan motif lingkaran dengan baik. Kelompok 5 sudah menguasai konsep dan menerapkan konsep beserta pengembangan motif dan pewarnaan dengan baik. Dari hasil evaluasi terlihat semua kelompok dan peserta didik mampu memenuhi KKM yakni dengan nilai 75. Y1 - 2015/07/09/ ER -