<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS V \r\nSEKOLAH DASAR NEGERI SINGODUTAN, TANDON, PARE, \r\nSELOGIRI, WONOGIRI."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran seni budaya \r\ndan keterampilan khususnya pada keterampilan batik jumputan. Meliputi \r\npersiapan pembelajaran, proses pembelajaran batik jumputan, evaluasi karya yang \r\ndihasilkan dari pembelajaran batik jumputan, dan penilaian pembelajaran batik \r\njumputan kelas V di Sekolah Dasar Negeri Singodutan.\r\nPenelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data \r\ndilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama yang \r\ndigunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, dengan bantuan instrumen \r\nlain berupa pedoman wawancara, observasi, alat tulis, dan kamera foto. Adapun \r\nanalisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah membuat \r\npenyajian data, reduksi, dan membuat kesimpulan. Untuk mengecek keabsahan \r\ndata dalam penelitian ini menggunakan teknik ketekunan pengamatan dan \r\ntriangulasi sumber serta triangulasi teknik.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan: (1) Persiapan pembelajaran batik \r\njumputan kelas V Sekolah Dasar Negeri Singodutan. Persiapan yang dilakukan \r\noleh guru dengan merancang RPP dan silabus. Indikator dirancang untuk \r\nmeningkatkan kreativitas, kemandirian dan bekerja sama. (2) Proses dan \r\npelaksanaan pembelajaran batik jumputan yaitu membuat taplak meja dengan \r\nteknik jumputan secara berkelompok. (3) Hasil karya dan evaluasi karya batik \r\njumputan dilakukan pada karya yang dihasilkan. Kelompok 1 sudah mampu \r\nmengembangkan motif lingkaran menjadi sebuah pola yang baik. Kelompok 2 \r\nsudah menguasai konsep tetapi kurang bisa mengembangkan penataan motif dan \r\npolanya. Kelompok 3 mampu menguasai konsep tetapi penerapannya pada karya \r\ntaplak meja kurang maksimal. Kelompok 4 menguasai konsep dan mampu \r\nmenerapkannya dengan mengembangkan motif lingkaran dengan baik. Kelompok \r\n5 sudah menguasai konsep dan menerapkan konsep beserta pengembangan motif \r\ndan pewarnaan dengan baik. Dari hasil evaluasi terlihat semua kelompok dan \r\npeserta didik mampu memenuhi KKM yakni dengan nilai 75."^^ . "2015-07-09" . . . "Prodi. Pendidikan Seni Kerajinan"^^ . . . "Universitas Negeri Yogyakarta, Prodi. Pendidikan Seni Kerajinan"^^ . . . . . . . . . "Aris"^^ . "Kurniawan"^^ . "Aris Kurniawan"^^ . . "Dr. I Ketut Sunarya, M.Sn."^^ . . . . . . . "PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS V \r\nSEKOLAH DASAR NEGERI SINGODUTAN, TANDON, PARE, \r\nSELOGIRI, WONOGIRI. (Text)"^^ . . . "SKRIPSI LENGKAP.pdf"^^ . . . "PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS V \r\nSEKOLAH DASAR NEGERI SINGODUTAN, TANDON, PARE, \r\nSELOGIRI, WONOGIRI. (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS V \r\nSEKOLAH DASAR NEGERI SINGODUTAN, TANDON, PARE, \r\nSELOGIRI, WONOGIRI. (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS V \r\nSEKOLAH DASAR NEGERI SINGODUTAN, TANDON, PARE, \r\nSELOGIRI, WONOGIRI. (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS V \r\nSEKOLAH DASAR NEGERI SINGODUTAN, TANDON, PARE, \r\nSELOGIRI, WONOGIRI. (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS V \r\nSEKOLAH DASAR NEGERI SINGODUTAN, TANDON, PARE, \r\nSELOGIRI, WONOGIRI. (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #23785 \n\nPEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN DI KELAS V \nSEKOLAH DASAR NEGERI SINGODUTAN, TANDON, PARE, \nSELOGIRI, WONOGIRI.\n\n" . "text/html" . . . "Seni Rupa" . .