@phdthesis{UNY23768, year = {2015}, school = {Fakultas Ilmu Sosial}, title = {Fenomena MLM Herbalife di Kalangan Warga Desa Margorejo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah}, author = {Nur Faiziin}, abstract = {MLM Herbalife merupakan sebuah bisnis MLM yang bergerak dibidang kesehatan terutama pemenuhan nutrisi serta kesehatan. Herbalife merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang nutrisi kesehatan, dalam Herbalife sendiri menggunakan sebuah strategi pemasaran berjenjang atau bertingkat yang mana selain meminimalisir pengeluaran di sponsor dan pendistribusian. MLM merupakan sebuah sistem penjualan bertingkat yang mana sangat penting dalam bisnis ini adalah sebuah jaringan, semakin besar jaringan yang dibentuk dalam bisnis ini, maka semakin kuat pula bisnisnya. Jadi secara garis besar bisnis MLM adalah bisnis yang sangat tergantung dengan organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang disesuaikan dengan tujuan penelitian untuk mengetahui faktor apa saja yang mengakibatkan terjadinya Fenomena MLM Herbalife di kalangan warga desa Margorejo kecamatan Margorejo kabupaten Pati Jawa Tengah, serta untuk mengetahuai dampak yang muncul dari Fenomena MLM Herbalife di kalangan warga desa Margorejo. Sumber data terdiri dari dua macam, 1) sumber data primer, yang diperoleh dari wawancara secara langsung kepada warga desa Margorejo yang bergabung dengan bisnis MLM Herbalife, 2) sumber data sekunder, diperoleh melalui studi kepustakaan, buku, dokumen resmi, dokumen pribadi, majalah atau koran. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi untuk memeriksa keabsahan data yang diperoleh. Triangulasi data yang digunakan yaitu triangulasi dengan membandingkan data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan yakni dengan menggunakan analisis kualitatif model interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dampak setelah warga bergabung dalam bisnis MLM Herbalife. Dampak positif bagi pelaku bisnis MLM Herbalife yaitu mereka memiliki penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari diluar dari penghasilan utamanya, memiliki tingkat kesehatan keluarga yang lebih baik. Dampak negatif yang muncul yaitu kurangnya pembagian waktu yang baik antara keluarga dan pekerjaan yang lebih mementingkan pekerjaan dari pada keluarga. Faktor pendorong yang melatar belakangi warga masyarakat untuk bergabung dengan bisnis MLM Herbalife yaitu faktor ekonomi, faktor kesehatan, faktor kelebihan atau kekurangan berat badan, faktor ajakan, faktor ketidaksengajaan. Dari beberapa faktor tersebut, faktor yang lebih dominan adalah faktor kesehatan. Kata kunci : MLM, Herbalife, faktor kesehatan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/23768/} }