%0 Thesis %9 S1 %A Ginanjar, Sidik %A Arsianti Latifah, S.Pd., M.Sn., %B Universitas Negeri Yogyakarta %D 2015 %F UNY:23741 %I Pendidikan Seni Rupa FBS %T PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL PANTAI LAGUNA LEMBUPURWO KABUPATEN KEBUMEN JAWA TENGAH %U http://eprints.uny.ac.id/23741/ %X Pantai Laguna Lembupurwo dipilih dengan tujuan untuk memperkenalkan potensi pariwisata di daerah Kabupaten Kebumen agar lebih dikenal oleh masyarakat, karena pantai Laguna Lembupurwo di Kabupaten Kebumen ini memiliki potensi yang bagus sebagai destinasi wisata alam. Metode perancangan dimulai dengan observasi, yaitu mengamati keadaan di lokasi pantai Laguna Lembupurwo, kemudian wawancara dengan pengelola untuk menggali informasi yang dibutuhkan dalam perancangan, dilanjutkan dokumentasi foto objek wisata pantai Laguna Lembupurwo. Dengan berpatokan pada analisis SWOT, perancangan karya menggunakan ilustrasi dalam wujud gambar/foto, teks, warna dan layout. Perancangan karya menggunakan bantuan perangkat kamera, komputer, dan scanner. Proses perancangan mengacu pada kreativitas dan kemampuan menyajikan gagasan baru melalui tahapan proses membuat layout gagasan, layout kasar, dan layout lengkap. Hasil perancangan komunikasi visual yang efektif, efisien, dan komunikatif ini adalah konsep wisata alam yang menggambarkan keindahan objek-objek pantai melalui ilustrasi fotografi. Media yang dihasilkan adalah logo sebagai identitas pantai Laguna Lembupurwo, kemudian media utama yang dihasilkan untuk penyampaian informasi adalah billboard. Billboard dipilih karena sangat efektif untuk dijadikan media utama, ukurannya yang besar dan dapat dilihat oleh banyak orang, jangka waktu yang lama, kualitas material bahan dan kontruksi yang awet sehingga bisa bertahan lebih lama. Media pendukung yang dihasilkan adalah poster, leaflet, kalender, seragam karyawan, tiket, kaos, topi, sandal, dan sticker. Media pendukung ini untuk memberikan dukungan media utama dalam penyampaian informasi atau pesan yang membangun citra objek wisata pantai Laguna Lembupurwo.