%0 Thesis %9 S1 %A Marviyani, Yuadni Dwi %B Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2015 %F UNY:23740 %I PGSD %T PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MENGGUNAKAN MEDIA KOMIK PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI 1 PEDES KECAMATAN SEDAYU KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015 %U http://eprints.uny.ac.id/23740/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi dengan menggunakan media komik pada siswa kelas VA SD Negeri 1 Pedes Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah PTK. Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri 1 Pedes yang berjumlah 18 siswa yang terdiri dari 13 perempuan dan 5 laki-laki. Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media komik dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas VA SD Negeri 1 Pedes dari segi proses maupun hasil. Peningkatan proses dibuktikan dengan hasil observasi rata-rata aktivitas siswa selama pembelajaran pada siklus I termasuk kategori cukup yaitu rata-rata 50%, dan pada siklus II termasuk kategori baik yaitu rata-rata 64,28%. Peningkatan hasil, dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis narasi pada setiap siklus. Serta hasil menulis narasi kondisi awal termasuk dalam kategori cukup yaitu mencapai rata-rata 61 setelah diberi tindakan pada siklus I hasil menulis narasi meningkat dengan ratarata 70,13 termasuk kategori baik. Perbaikan oleh guru dilakukan di siklus II berdasarkan hasil refleksi di siklus I sehingga hasil menulis narasi mencapai ratarata 79,27 termasuk kategori baik. Kata kunci: keterampilan menulis narasi, media komik