%A SRI KUNDARYANI %T PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN GULING BELAKANG MELALUI METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JATI III SAWANGAN MAGELANG TAHUN 2011/2012 %X ABSTRAK Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanpembelajarangulingbelakangmelaluipendekatanb ermainpadasiswakelas IV SD NegeriJati III SawanganMagelang. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas yang terdiridariduasiklus.Subyekpenelitianadalahsiswakelas IV SD NegeriJati III TahunAjaran 2011/2012 yang berjumlah 18 siswa.Adapunmetodepengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalahmenggunakanobservasi, angket, danteshasilbelajargulingbelakang.Teknikanalisis data menggunakananalisiskuantitatifdankualitatif. Dengan penelitian yang dilakukan dengan 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2,satu siklus terdiri dari 2 pertemuan.Pada awal siklus 1 rata-rata nilai 71,60 setelah tindakan pembelajaran pada siklus 1 ada peningkatan dengan rata-rata nilai 75,30. Dari 18 siswa yang tuntas dari KKM standar yang ditentukansekolahyaitu 75 adalah10 siswa maka dilanjutkan dengan siklus 2. Dari hasil akhir siklus 2 diperoleh rata-rata nilai 81,79. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapendekatanbermaindapatmeningkatkanpembelajaranguli ngbelakangpadasiswakelas IV SD NegeriJati III.Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis yang telah dilakukan oleh kolabolator dan peneliti diperoleh kesimpulan bahwa proses pembelajarangulingbelakangmelaluipendekatanbermainterjadipeningkatansebesar 56,60% padapembelajaransenamlantaiuntukkelas IV SD Negerijati III. Kata Kunci :gulingbelakang, bermain, siswakelas IV SD, %D 2012 %I %L UNY2374