@phdthesis{UNY23727, author = {NURUL OCKTAVIANI}, title = {HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKn SISWA MTs SE-KECAMATAN LOHBENER INDRAMAYU}, year = {2015}, school = {Fakultas Ilmu Sosial}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan disiplin siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa MTs se-Kecamatan Lohbener Indramayu, 2) hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa MTs se-Kecamatan Lohbener Indramayu, 3) hubungan disiplin siswa dan motivasi belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa MTs se-Kecamatan Lohbener Indramayu. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan VIII MTs Al Mu?minien, MTs Lohbener, MTs Ma?arif Langut dan MTs Al Ghifari yang berjumlah 1.294 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan multi stage sampling dengan tabel Isaac dan Michael, dan sampel yang diperoleh sebanyak 224 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel disiplin siswa serta variabel motivasi belajar dan dokumentasi untuk variabel prestasi belajar PKn. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sebelum digunakan, instrumen diuji cobakan kepada 30 siswa. Uji validitas menggunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil uji validitas diperoleh 4 butir gugur dari 24 butir instrumen disiplin siswa dan 11 butir gugur dari 32 butir intrumen motivasi belajar. Pengujian hipotesis menggunakan analisis bivariat dan multivariat. Analisis bivariat menggunakan korelasi product moment untuk menguji hubungan variabel secara parsial, sedangkan analisis multivariat menggunakan regresi ganda untuk menguji hubungan variabel secara bersama-sama dengan taraf signifikansi 5 \%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin siswa dengan prestasi belajar PKn, dibuktikan dengan r hitung {\ensuremath{>}} r tabel (0.493{\ensuremath{>}}0.138). (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar PKn, dibuktikan dengan r hitung {\ensuremath{>}} r tabel (0.448{\ensuremath{>}}0.138). (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin siswa dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar PKn, dibuktikan dengan F hitung sebesar 49.922 dan nilai signifikansi kurang dari 0.05 (0.000}, url = {http://eprints.uny.ac.id/23727/} }