%A Ika Wijayanti %X Selama pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPS, peserta didik menunjukan berbagai respon terhadap pembelajaran yang berlangsung. Respon yang ditunjukan peserta didik dapat dipengaruhi oleh persepsi mereka tentang pelaksanaan pendekatan saintifik. Selama pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPS di SMP Se-Kecamatan Kretek persepsi peserta didik belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik kelas VII dan VIII tentang pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPS di SMP Se-Kecamatan Kretek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII dan VIII di SMP Se-Kecamatan Kretek sebanyak 561 peserta didik. Jumlah sampel sebanyak 213 peserta didik diambil berdasarkan tabel acuan Isaac dan Michael. Pengambilan sampel pada setiap sekolah dilakukan dengan teknik stratified areal random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Validitas menggunakan expert judgment dan uji coba instrumen. Validitas dianalisis menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi peserta didik tentang pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPS pada kategori sangat baik sebesar 7,51%, baik sebesar 30,52%, cukup sebesar 44,13%, kurang sebesar 15,96%, dan sangat kurang sebesar 1,88%. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa sebagian besar peserta didik memiliki persepsi cukup tentang pelaksanaan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPS. %L UNY23705 %T Persepsi Peserta Didik tentang Pelaksanaan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPS di SMP Se-Kecamatan Kretek %D 2015 %I Fakultas Ilmu Sosial