@phdthesis{UNY23701, school = {Fakultas Ekonomi UNY}, author = {PUPUT WULAN SARI}, title = {PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN IDENTITY STYLE SEBAGAI VARIABEL MODERATING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM STUDI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2014/2015}, year = {2015}, url = {http://eprints.uny.ac.id/23701/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional di kelas X Akuntansi pada mata pelajaran Pengantar Keuangan dan Akuntansi pada materi pokok Payback Period and Net Present Value (NPV) di SMK Negeri 1 Wonosobo; (2) perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki Informational Style, Normatif Style dan Diffuse-Avoidance Style di kelas X Akuntansi pada mata pelajaran Pengantar Keuangan dan Akuntansi pada materi pokok Payback Period and Net Present Value (NPV) di SMK Negeri 1 Wonosobo; (3) efek interaksi dalam menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Identity Style sebagai variabel moderating terhadap hasil belajar di kelas X Akuntansi pada mata pelajaran Pengantar Keuangan dan Akuntansi pada materi pokok Payback Period and Net Present Value (NPV) di SMK Negeri 1 Wonosobo. Penelitian ini adalah Kuasi-Eksperimen dengan desain faktorial 3x2. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X Program Studi Akuntansi SMK Negeri 1 Wonosobo yang berjumlah 3 kelas. Didapatkan kelas X AK I dan X AK III sebagai sampel. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar adalah menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas dan uji homogenitas; dan uji hipotesis yang menggunakan Two Way ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional; (2) tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki Informational Style, Normatif Style dan Diffuse-Avoidance Style; dan (3) tidak terdapat efek interaksi dalam menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Identity Style sebagai variabel moderating. Kata Kunci: Teams Games Tournament (TGT), Identity Style, Kuasi-Eksperimen, Hasil Belajar} }