@phdthesis{UNY23650, title = {PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK DENGAN MUATAN NILAI-NILAI PANCASILA UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR}, school = {PGSD}, year = {2015}, author = {Yunita Puspitaningrum}, month = {July}, url = {http://eprints.uny.ac.id/23650/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar tematik dengan muatan nilai-nilai Pancasila yang layak. Aspek yang diamati berupa materi, muatan Pancasila, komponen, dan tampilan bahan ajar yang dikembangkan. Bahan ajar ini diharapkan memfasilitasi keberagaman karakteristik dan latar belakang siswa serta materi kesultanan Islam di Indonesia. Metode yang digunakan Research and Development (R\&D). Tahap define dilakukan dengan wawancara dan studi pustaka. Tahap design, peneliti menentukan tujuan pembelajaran, materi, layout, dan menuliskan materi. Teknik yang dilakukan pada tahap develop meliputi expert appraisal dan developmental testing. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Subjek penelitian adalah siswa kelas V. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata 106 terletak pada interval X{\ensuremath{>}}105; ahli bahan ajar 130 pada interval X{\ensuremath{>}} 126; validasi guru 191 pada interval X{\ensuremath{>}} 168; validasi siswa 109,33 pada interval X {\ensuremath{>}} 109,20. Berdasarkan data tersebut bahan ajar tematik yang dikembangkan tergolong dalam kriteria sangat baik sehingga layak digunakan. Bahan ajar yang dikembangkan memiliki karakteristik, yaitu sesuai fakta sejarah, keakuratan, dan kebaruan pengetahuan yang relevan; disusun secara sistematis; memfasilitasi keberagaman karakteristik siswa; dilengkapi permainan, ilustrasi, dan gambar menarik; memuat nilai-nilai Pancasila secara eksplisit dan kontekstual; dan mengungkap nilai-nilai Pancasila yang sudah ada sejak masa perkembangan Islam di Indonesia. Kata kunci: pengembangan bahan ajar tematik} }