%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan komunikasi instruksional, mengetahui hambatanhambatan

yang dihadapi dalam pelaksanaan komunikasi instruksional, dan mengetahui upaya yang dilakukan dalam
mengatasi hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan komunikasi instruksional di SMK Negeri 2 Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan informan penelitian terdiri dari
informan kunci yaitu Ketua Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Purworejo, dan beberapa
informan pendukung yang terdiri dari guru dan siswa yang dipilih untuk memberikan informasi yang dibutuhkan.
Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan metode observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis
data yang digunakan dengan Analisis Model Interaktif, adapun langkah-langkah dengan model ini adalah reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Teknik keabsahan data yang digunakan yaitu dengan penentuan
subjek dan metode yang tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi instruksional di SMK Negeri 2
Purworejo belum maksimal disebabkan oleh: (1) dalam menentukan metode pembelajaran, guru belum
mempertimbangkan karakteristik siswa, (2) dalam membuka pelajaran guru tidak menarik perhatian siswa, memotivasi
siswa, memberikan acuan, dan membuat kaitan, (3) pada saat melakukan pembelajaran guru mengawasi siswa dari
belakang dan ada juga guru yang meninggalkan kelas setelah memberikan tugas, (4) guru menutup pelajaran dengan
mengevaluasi hasil belajar siswa dengan memberikan pertanyaan., (5) guru belum melakukan evaluasi pembelajaran
terkait komponen-komponen evaluasi yaitu evaluasi program pembelajaran, evaluasi proses pembelajaran, dan evaluasi
hasil belajar.
%A Ahmad Faqih
%A Kumoro Joko
%L UNY23601
%D 2015
%I UNY
%T PELAKSANAAN KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL DI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI
PERKANTORAN SMK NEGERI 2 PURWOREJO