TY - THES AV - public M1 - tesis A1 - Diarani, Noraning TI - Sumbangan Kebiasaan Membaca, Penguasaan Kosakata, dan Penguasaan Tata Bahasa terhadap Keterampilan Menulis Pengalaman Peserta Didik Kelas V SD Negeri se-Kecamatan Bambanglipuro, Bantul. Yogyakarta Y1 - 2015/07/25/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sumbangan: (1) kebiasaan membaca terhadap keterampilan menulis pengalaman, (2) penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis pengalaman, (3) penguasaan tata bahasa terhadap keterampilan menulis pengalaman, serta (4) kebiasaan membaca, penguasaan kosakata, dan penguasaan tata bahasa terhadap keterampilan menulis pengalaman peserta didik kelas V SD Negeri se-Kecamatan Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta sebanyak 300 siswa. Sampel penelitian sebanyak 169 siswa ditentukan menggunakan teknik proporsional random sampling. Instrumen terdiri dari tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur penguasaan kosakata, penguasaan tata bahasa, dan keterampilan menulis pengalaman. Angket digunakan untuk mengukur kebiasaan membaca. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi ganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan membaca dengan keterampilan menulis pengalaman dan sumbangan efektifnya sebesar 4,177%; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis pengalaman dan sumbangan efektifnya sebesar 6,719%; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara penguasaan tata bahasa dengan keterampilan menulis pengalaman dan sumbangan efektifnya sebesar 11,804%; (4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan membaca, penguasaan kosakata, dan penguasaan tata bahasa dengan keterampilan menulis pengalaman dan total sumbangan efektifnya sebesar 22,7%. PB - UNY KW - sumbangan KW - kebiasaan membaca KW - penguasaan kosakata KW - penguasaan tata bahasa KW - keterampilan menulis pengalaman ID - UNY23585 UR - http://eprints.uny.ac.id/23585/ ER -