@phdthesis{UNY23573, title = {PENGARUH MINAT BELAJAR, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGANTAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS X KEUANGAN SMK NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015}, author = {NUR HANIFAH}, year = {2015}, school = {Fakultas Ekonomi UNY}, url = {http://eprints.uny.ac.id/23573/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas X Keuangan SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015, (2) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas X Keuangan SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015, (3) Pengaruh Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas X Keuangan SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015, (4) Pengaruh Minat Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Keuangan Siswa Kelas X Keuangan SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Keuangan SMK Negeri 1 Bantul tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 130 siswa yang kemudian diambil 97 siswa sebagai sampel. Data dikumpulkan dengan metode angket dan metode dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel Minat Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Keuangan. Uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Keuangan yang ditunjukkan dengan nilai rx1y=0,366, r2 x1y=0,134 dan thitung (3,829) {\ensuremath{>}} ttabel(1,985) . (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Keuangan yang ditunjukkan dengan nilai rx2y=0,315, r2 x2y=0,099 dan thitung (3,233) {\ensuremath{>}} ttabel(1,985). (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Keuangan yang ditunjukkan dengan nilai rx3y=0,347, r2 x3y=0,120 dan dan thitung (3,604) {\ensuremath{>}} ttabel(1,985) (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar, Lingkungan Teman Sebaya dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Pengantar Akuntansi Keuangan yang ditunjukkan dengan nilai Ry(1,2,3)= 0,441, (R2 y(1,2,3))=0,194, F hitung (7,480) {\ensuremath{>}} Ftabel (2,70). Nilai SR X1= 27,75\%, X2= 29,52\%, X3=, 42,73\% sedangkan total Sumbangan Efektif yaitu 19,4\% Kata Kunci: Minat Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar} }