eprintid: 23537
rev_number: 8
eprint_status: archive
userid: 1280
dir: disk0/00/02/35/37
datestamp: 2015-07-14 08:04:06
lastmod: 2019-01-30 01:09:55
status_changed: 2015-07-14 08:04:06
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: Ayu, Sandra Dewi
title: PENGARUH KEPROFESIONALAN DAN METODE MENGAJAR GURU
SERTIFIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK
MUHAMMADIYAH I BANTUL KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO
VIDEO KELAS XII PADA MATA DIKLAT KOMPETENSI KEJURUAN
ispublished: pub
subjects: telka
divisions: ft_jurdik_elka_pend_elka
full_text_status: public
abstract: PENGARUH KEPROFESIONALAN DAN METODE MENGAJAR GURU
SERTIFIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK
MUHAMMADIYAH I BANTUL KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO
VIDEO KELAS XII PADA MATA DIKLAT KOMPETENSI KEJURUAN
Oleh : Ayu Sandra Dewi
NIM. 09502241007
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Keprofesionalan Guru
Sertifikasi terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah I Bantul Kompetensi
Keahlian Audio Video kelas XII pada Mata Diklat Kompetensi Kejuruan. (2) Pengaruh
Metode Mengajar Guru Sertifikasi terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah
I Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video kelas XII pada Mata Diklat Kompetensi
Kejuruan. (3) Pengaruh Keprofesionalan Guru Sertifikasi dan Metode Mengajar Guru
Sertifikasi terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah I Bantul Kompetensi
Keahlian Audio Video kelas XII pada Mata Diklat Kompetensi Kejuruan.
Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah siswa
kelas XII Kompetensi Keahlian Audio Video berjumlah 62 siswa yang seluruhnya
diambil sebagai subyek penelitian. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 30 siswa kelas
X Kompetensi Keahlian Audio Video. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi
Product Moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha
Cronbach. Untuk mengetahui pengaruh Keprofesionalan Guru Sertifikasi terhadap
Prestasi Belajar Siswa dan pengaruh Metode Mengajar Guru Sertifikasi terhadap Prestasi
Belajar Siswa digunakan teknik analisis regresi sederhana sedangkan untuk mengetahui
pengaruh Keprofesionalan Guru Sertifikasi dan Metode Mengajar Guru Sertifikasi secara
bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa digunakan teknik analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif antara
keprofesionalan guru sertifikasi dengan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah I
Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video Kelas XII pada mata diklat kompetensi
kejuruan yang dibuktikan dengan harga thitung>ttabel yaitu 2,399>1,671, rx1y (0,296)
lebih besar dari rtabel (0,244) pada taraf signifikansi 5%. (2) Terdapat pengaruh yang
positif antara metode mengajar guru sertifikasi dengan prestasi belajar siswa SMK
Muhammadiyah I Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video Kelas XII pada mata diklat
kompetensi kejuruan yang dibuktikan dengan harga thitung>ttabel yaitu 2,797>1,671,
rx2y (0,340) lebih besar dari rtabel (0,244) pada taraf signifikansi 5%. (3) Terdapat pengaruh
yang positif antara keprofesionalan dan metode mengajar guru sertifikasi secara bersamasama
dengan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah I Bantul Kompetensi
Keahlian Audio Video Kelas XII pada mata diklat kompetensi kejuruan yang dibuktikan
dengan harga Fhitung>Ftabel yaitu 6,306>3,17, Ry(1,2) (0,420) lebih besar dari rtabel (0,244)
pada taraf signifikansi 5%. Koefisien determinasi (R2y(1,2)) sebesar 0,176. Sumbangan
efektif Keprofesionalan Guru Sertifikasi sebesar 7,38% dan Metode Mengajar Guru
Sertifikasi sebesar 10,22%.
Kata Kunci: keprofesionalan, metode mengajar guru sertifikasi, prestasi belajar siswa
date: 2015-07-14
date_type: published
institution: UNY
department: Fakultas Teknik
thesis_type: skripsi
citation:   Ayu, Sandra Dewi  (2015) PENGARUH KEPROFESIONALAN DAN METODE MENGAJAR GURU SERTIFIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH I BANTUL KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO VIDEO KELAS XII PADA MATA DIKLAT KOMPETENSI KEJURUAN.  S1 thesis, UNY.   
document_url: http://eprints.uny.ac.id/23537/1/Ayu%20Sandra%20Dewi%20%2009502241007.pdf