%0 Thesis
%9 S1
%A Ayu, Sandra Dewi
%B Fakultas Teknik
%D 2015
%F UNY:23537
%I UNY
%T PENGARUH KEPROFESIONALAN DAN METODE MENGAJAR GURU  SERTIFIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK  MUHAMMADIYAH I BANTUL KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO  VIDEO KELAS XII PADA MATA DIKLAT KOMPETENSI KEJURUAN
%U http://eprints.uny.ac.id/23537/
%X PENGARUH KEPROFESIONALAN DAN METODE MENGAJAR GURU  SERTIFIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK  MUHAMMADIYAH I BANTUL KOMPETENSI KEAHLIAN AUDIO  VIDEO KELAS XII PADA MATA DIKLAT KOMPETENSI KEJURUAN  Oleh : Ayu Sandra Dewi  NIM. 09502241007  ABSTRAK  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Keprofesionalan Guru  Sertifikasi terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah I Bantul Kompetensi  Keahlian Audio Video kelas XII pada Mata Diklat Kompetensi Kejuruan. (2) Pengaruh  Metode Mengajar Guru Sertifikasi terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah  I Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video kelas XII pada Mata Diklat Kompetensi  Kejuruan. (3) Pengaruh Keprofesionalan Guru Sertifikasi dan Metode Mengajar Guru  Sertifikasi terhadap Prestasi Belajar Siswa SMK Muhammadiyah I Bantul Kompetensi  Keahlian Audio Video kelas XII pada Mata Diklat Kompetensi Kejuruan.  Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian adalah siswa  kelas XII Kompetensi Keahlian Audio Video berjumlah 62 siswa yang seluruhnya  diambil sebagai subyek penelitian. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 30 siswa kelas  X Kompetensi Keahlian Audio Video. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi  Product Moment dari Pearson, sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha  Cronbach. Untuk mengetahui pengaruh Keprofesionalan Guru Sertifikasi terhadap  Prestasi Belajar Siswa dan pengaruh Metode Mengajar Guru Sertifikasi terhadap Prestasi  Belajar Siswa digunakan teknik analisis regresi sederhana sedangkan untuk mengetahui  pengaruh Keprofesionalan Guru Sertifikasi dan Metode Mengajar Guru Sertifikasi secara  bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa digunakan teknik analisis regresi ganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif antara  keprofesionalan guru sertifikasi dengan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah I  Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video Kelas XII pada mata diklat kompetensi  kejuruan yang dibuktikan dengan harga thitung>ttabel yaitu 2,399>1,671, rx1y (0,296)  lebih besar dari rtabel (0,244) pada taraf signifikansi 5%. (2) Terdapat pengaruh yang  positif antara metode mengajar guru sertifikasi dengan prestasi belajar siswa SMK  Muhammadiyah I Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video Kelas XII pada mata diklat  kompetensi kejuruan yang dibuktikan dengan harga thitung>ttabel yaitu 2,797>1,671,  rx2y (0,340) lebih besar dari rtabel (0,244) pada taraf signifikansi 5%. (3) Terdapat pengaruh  yang positif antara keprofesionalan dan metode mengajar guru sertifikasi secara bersamasama  dengan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah I Bantul Kompetensi  Keahlian Audio Video Kelas XII pada mata diklat kompetensi kejuruan yang dibuktikan  dengan harga Fhitung>Ftabel yaitu 6,306>3,17, Ry(1,2) (0,420) lebih besar dari rtabel (0,244)  pada taraf signifikansi 5%. Koefisien determinasi (R2y(1,2)) sebesar 0,176. Sumbangan  efektif Keprofesionalan Guru Sertifikasi sebesar 7,38% dan Metode Mengajar Guru  Sertifikasi sebesar 10,22%.  Kata Kunci: keprofesionalan, metode mengajar guru sertifikasi, prestasi belajar siswa