eprintid: 23527 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 1258 dir: disk0/00/02/35/27 datestamp: 2015-07-14 07:38:54 lastmod: 2015-07-14 07:38:54 status_changed: 2015-07-14 07:38:54 type: article metadata_visibility: show creators_name: C Asri, Budiningsih creators_name: Pujiriyanto, M.Pd creators_name: MD, Niron corp_creators: LPPM UNY title: PENGEMBANGAN MEDIA MODUL SEBAGAI RUJUKAN PENDIDIKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: subject_lppm divisions: lppm full_text_status: public keywords: module, character education, elementary school note: Laporan Penelitian Strategis Nasional 2013 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan paket modul pendidikan karakter di SD. Pengembangan modul menggunakan pendekatan kognitif-struktural dialogal-komunikatif dalam interaksi nilai, sehingga nilai karakter anak berkembang secara bertahap menuju terbentuknya nilai yang otonom. Jenis penelitian pengembangan (R & D) ini dilakukan di SD-SD di Yogyakarta. Subyek penelitian meliputi ahli materi, ahli media, guru dan siswa SD. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, seminar, dan observasi. Telah dihasilkan 5 modul pendidikan nilai karakter di SD meliputi nilai ”Persatuan”, ”Keadilan”, “Kejujuran”, “Kepedulian”, dan “Kemanusiaan”. Pengembangan modul melalui langkah-langkah: (a) penelitian pendahuluan, (b) perencanaan, (c) mengembangkan draf, (d) uji ahli dan uji pengguna, (e) uji lapangan permulaan, (f) uji lapangan utama. Hasil penelitian menunjukkan modul dalam kategori baik. date: 2013 date_type: published publication: Artikel Penelitian Stranas refereed: TRUE funders: BOPTN citation: C Asri, Budiningsih and Pujiriyanto, M.Pd and MD, Niron (2013) PENGEMBANGAN MEDIA MODUL SEBAGAI RUJUKAN PENDIDIKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. Artikel Penelitian Stranas. document_url: http://eprints.uny.ac.id/23527/1/ARTIKEL.docx