TY - JOUR UR - http://eprints.uny.ac.id/23527/ AV - public A1 - C Asri, Budiningsih A1 - Pujiriyanto, M.Pd A1 - MD, Niron N1 - Laporan Penelitian Strategis Nasional 2013 N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan paket modul pendidikan karakter di SD. Pengembangan modul menggunakan pendekatan kognitif-struktural dialogal-komunikatif dalam interaksi nilai, sehingga nilai karakter anak berkembang secara bertahap menuju terbentuknya nilai yang otonom. Jenis penelitian pengembangan (R & D) ini dilakukan di SD-SD di Yogyakarta. Subyek penelitian meliputi ahli materi, ahli media, guru dan siswa SD. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, seminar, dan observasi. Telah dihasilkan 5 modul pendidikan nilai karakter di SD meliputi nilai ?Persatuan?, ?Keadilan?, ?Kejujuran?, ?Kepedulian?, dan ?Kemanusiaan?. Pengembangan modul melalui langkah-langkah: (a) penelitian pendahuluan, (b) perencanaan, (c) mengembangkan draf, (d) uji ahli dan uji pengguna, (e) uji lapangan permulaan, (f) uji lapangan utama. Hasil penelitian menunjukkan modul dalam kategori baik. Y1 - 2013/// ID - UNY23527 JF - Artikel Penelitian Stranas TI - PENGEMBANGAN MEDIA MODUL SEBAGAI RUJUKAN PENDIDIKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI SEKOLAH DASAR KW - module KW - character education KW - elementary school ER -