%0 Journal Article %A C Asri, Budiningsih %A Pujiriyanto, M.Pd %A MD, Niron %A LPPM UNY, %D 2013 %F UNY:23527 %J Artikel Penelitian Stranas %K module, character education, elementary school %T PENGEMBANGAN MEDIA MODUL SEBAGAI RUJUKAN PENDIDIKAN NILAI-NILAI KARAKTER DI SEKOLAH DASAR %U http://eprints.uny.ac.id/23527/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan paket modul pendidikan karakter di SD. Pengembangan modul menggunakan pendekatan kognitif-struktural dialogal-komunikatif dalam interaksi nilai, sehingga nilai karakter anak berkembang secara bertahap menuju terbentuknya nilai yang otonom. Jenis penelitian pengembangan (R & D) ini dilakukan di SD-SD di Yogyakarta. Subyek penelitian meliputi ahli materi, ahli media, guru dan siswa SD. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, seminar, dan observasi. Telah dihasilkan 5 modul pendidikan nilai karakter di SD meliputi nilai ”Persatuan”, ”Keadilan”, “Kejujuran”, “Kepedulian”, dan “Kemanusiaan”. Pengembangan modul melalui langkah-langkah: (a) penelitian pendahuluan, (b) perencanaan, (c) mengembangkan draf, (d) uji ahli dan uji pengguna, (e) uji lapangan permulaan, (f) uji lapangan utama. Hasil penelitian menunjukkan modul dalam kategori baik. %Z Laporan Penelitian Strategis Nasional 2013