TY  - GEN
UR  - http://eprints.uny.ac.id/23507/
KW  - Karakter
KW  -  Sekolah Ibu
KW  -  PAUD
KW  -  Nonformal
N2  - Dalam UU No 23 Tahun 2009 sistem Pendidikan di Indonesia dibagi menjadi tiga jalur yaitu formal, nonformal dan informal. Anak Usia Dini menghabiskan waktu di layanan PAUD (TK, KB, SPS dan TPA) berkisar antara 2-6 jam dan sisa waktunya dihabiskan dalam keluarga atau di rumah.  Keluarga terutama peran Ibu di Pedesaan masih memiliki peran sentral dalam proses pendidikan anak, sehingga Ibu memiliki nilai dan fungsi strategis dalam menanamkan pendidikan karakter agar terpadu, berkelanjutan dan efektif. Penelitian pada tahun pertama menghasilkan sebuah model pembelajaran yaitu Sekolah Ibu, dan pada tahun kedua penelitian berfokus pada uji expert dan uji terbatas.
Penelitian menggunakan metode R and D, dengan pertimbangan bahwa konsep parental education atau pendidikan orang tua sudah ada tetapi dalam penelitian ini program parental education diterjemahkan dalam konsep ?Sekolah Ibu? yang disesuaikan dengan karakteristik pedesaan dan karakteristik Ibu. Metode penelitian menggunakan observasi orang tua dan observasi anak, wawancara mendalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan ( R & D) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu studi pendahuluan, design model  program pembelajaran, validasi, uji coba dan revisi dan tahap terakhir adalah diseminasi. Pada tahapan ini akan focus pada ujicoba skala terbatas.Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah : 1) Menyiapkan desa dan Sekolah Ibu; 2) Menyiapkan peserta didik dengan melakukan sosialisasi dan mendata peserta didik; 3)Mempersiapkan bahan ajar, finalisasi modul; 4) Implementasi di dua desa atau dua kelompok Sekolah Ibu dengan jumlah 25 orang/kelompok; 5) monitoring; 6) Evaluasi. Adapun Kajian teori yang digunakan dalan penelitian ini adalah pendidikan karakter, konsep dasar PAUD, Pendidikan Orang Dewasa dan pola asuh orang tua.
Hasil penelitian adalah impelementasi uji terbatas Sekolah Ibu yang berfungsi untuk menjembatani komunikasi antara lembaga PAUD (TK, KB, SPS dan TPA) dan orang tua dalam hal ini Ibu untuk dapat melanjutkan nilai-nilai positif yang telah ditanamkan dan dibiasakan di PAUD dan dampak jangka panjang dari penelitian ini adalah terbentuk school culture dari lembaga PAUD untuk dapat memfasilitasi para orang tua untuk dapat menyelenggarakan Sekolah Ibu. Untuk memudahkan penyelengggaraan Sekolah Ibu telah disediakan panduan Sekolah Ibu dan Modul pembelajaran bagi orang tua.
TI  - Pengembangan  Model-Model Pembelajaran  untuk Peningkatan Kualitas Program PAUD
Y1  - 2013///
N1  - LAPORAN TAHUNAN
PENELITIAN  HIBAH PASCA 2013
AV  - public
ID  - UNY23507
A1  - Yoyon Suryono, Prof.Dr.
A1  - Sugito, Dr.
A1  - Puji, Yanti Dr. M.Pd.
ER  -