@phdthesis{UNY23498, author = {FIQO FAILASUF ASHEF}, title = {PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA SISWA, KEBIASAAN BELAJAR, DAN NILAI UAN TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN TEORI PERMESINAN KELAS 1 SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA DAN SMK MUHAMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013}, month = {July}, year = {2015}, school = {UNY}, url = {http://eprints.uny.ac.id/23498/}, abstract = {PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA SISWA, KEBIASAAN BELAJAR, DAN NILAI UAN TERHADAP PRESTASI MATA PELAJARAN TEORI PERMESINAN KELAS 1 SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA DAN SMK MUHAMADIYAH 3 YOGYAKARTA TAHUN 2012/2013 Oleh: ASHEF FIQO FAILASUF NIM. 07503244032 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendiskripsikan pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi; (2) Untuk mendiskripsikan pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi; (3) Untuk mendiskripsikan pengaruh nilai UAN terhadap prestasi; (4) Untuk mendiskripsikan pengaruh secara bersamasama perhatian orang tua, kebiasaan belajar dan nilai UAN terhadap prestasi siswa; (5) Untuk mendiskripsikan perbedaan perhatian orang tua, kebiasaan belajar, nilai UAN, dan prestasi SMK NEGERI 3 dan SMK Muhamadiyah 3. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Penelitian ini dilaksanakan di SMK NEGERI 3 dan SMK Muhamadiyah 3 Yogyakarta, jumlah populasinya 280 siswa, sample yang di ambil 160 siswa dengan menggunakan purposive sampling. Validitas instrumen angket dilakukan dengan analisis butir menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Pengujian hipotesis dengan analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda dan uji t-test, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi pada siswa SMKN 3 dengan koefesien determinasi sebesar 14\%, Sedangkan SMK Muhamadiyah 3 mempunyai koefesien determinasi sebesar 22,7\%, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi pada siswa SMKN 3 dengan koefesien determinasi sebesar 33,7\%, Sedangkan SMK Muhamadiyah 3 mempunyai koefesien determinasi sebesar 29,5\%. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara nilai UAN terhadap prestasi pada siswa SMKN 3 dengan koefesien determinasi sebesar 15,7\%, sedangkan SMK Muhamadiyah 3 mempunyai koefesien determinasi sebesar 26,1\%. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orang tua, kebiasaan belajar, dan nilai UAN secara bersama-sama terhadap prestasi pada siswa SMKN 3 dengan koefesien determinasi sebesar 51,5\%, sedangkan SMK Muhamadiyah 3 mempunyai koefesien determinasi sebesar 45,4\%. (5) Tidak terdapat perbedaan perhatian orang tua, kebiasaan belajar dan prestasi, hanya terdapat perbedaan nilai UAN antara siswa SMKN 3 dan SMK Muhamadiyah 3 Yogyakarta. Kata kunci: Perhatian Orang Tua, Kebiasaan Belajar, Nilai UAN} }