%0 Journal Article %A Pardjono, Prof., Ph.D. %A Sugiyono, Sugiyono %A Prof. Soenarto, Ph.D %A LPPM UNY, %D 2013 %F UNY:23488 %J Artikel Penelitian Pascasarjana %K pendidikan berbasis kompetensi, pendidikan kejuruan, model pendidikan %T PERUBAHAN DUNIA KERJA DAN IMPLIKASINYA PADA PERUBAHAN PENDEKATAN PENDIDIKAN KEJURUAN DI INDONESIA %U http://eprints.uny.ac.id/23488/ %X Kemajuan teknologi dan komputer telah mempengaruhi karakteristik ekonomi yang implikasi pada perubaha struktur dunia kerja. Perubahan itu kadang-kadang tidak bisa diantisipasi sebelumnya, sehingga perubahan karakteristik dunia kerja sulit diprediksi. Pendidikan kejuruan yang terkait dengan dunia kerja harus mampu menyiapkan lulusannya memiliki kemampuan adaptif dan memiliki fleksibilitas yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk membangun model pendidikan berbasis kompetensi bidang kejuruan yang mampu membentuk lulusan yang memiliki profesionalitas, kemampuan adaptif, enterpreuneuship, dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan post-positivist dengan prosedur research and development dari Borg dan Gall. Model disusun berdasarkan masukan dari forum FGD dengan pendekatan system. Bangunan model kemudian divalidasi ahli untuk mendapatkan masukan. Validasi cyclical dilakukan untuk mendapatkan validasi teoritik dan empiric. Hasil penelitian menunjukkan model pendidikan berbasi kompetensi pada bidang vokasi terdiri dua komponen internal, yaitu: pengembangan kurikulum, model pembelajaran, model asesmen pembelajaran kompetensi dan satu komponen eksternal yaitu uji kompetensi dan sertifikasi. Rekomendasi yang dikemukakan adalah model ini memerlukan validasi lebih lanjut dengan adanya penelitian lanjutan pada masing-masing sub sistemnya. %Z Laporan Penelitian Pascasarjana 2013