%0 Generic %A Paidi, Dr., M.Si. %A Djukri, - %A Prof. Dr. IGP., Suryadharma %A LPPM UNY, %D 2013 %F UNY:23475 %K PBL, perangkat pembelajaran biologi, berpikir tingkat tinggi %T Pengembangan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah untuk Pemberdayagunaan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Peserta Didik SMA, Program Pascasarjana UNY %U http://eprints.uny.ac.id/23475/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kesiapan sekolah di SMAN Kota Magelang untuk implementasi pembelajaran biologi berbasis masalah, (2) menghasilkan model pembelajaran biologi berbasis masalah yang terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), modul, dan penilaian hasil belajar yang efektif dan efisien dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik SMAN di Kota Magelang-Jawa Tengah.Penelitian research and development (R & D) mengadaptasi model pengembangan ADDIE melalui 5 tahapan, yaitu analyse (analisis), design (desain), development (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini akan dilakukan selama dua tahun. Pada tahun pertama dilakukan tahapan analyse, design, dan development. Pada tahun pertama dilakukan penelitian yang melibatkan 10 pakar pendidikan, 25 rekan sejawat, 16 pendidik biologi SMA negeri Kota Magelang, dan 150 peserta uji coba terbatas. Hasil penelitian tahun pertama menunjukkan bahwa: 1) kesiapan di SMAN Kota Magelang yang meliputi kesiapan pendidik biologi, kepala sekolah, sarana dan prasarana, dan peserta didik terkategorikan siap untuk implementasi pembelajaran biologi berbasis masalah, akan tetapi perlu peningkatan kesiapan pendidik biologi pada kemampuan merencanakan dan melaksanakan pembelajaran biologi berbasis masalah; 2) perangkat pembelajaran biologi berbasis masalah yang telah dihasilkan yaitu silabus, RPP, media, LKPD, modul, dan perangkat penilaian telah valid berdasarkan validasi dan uji coba terbatas. %Z Laporan Penelitian Pascasarjana 2013