@phdthesis{UNY23473, author = {Erni Windriana}, title = {Implementasi Program Ekstrakurikuler di SD N Tegalrejo 1 Yogyakarta}, month = {July}, year = {2015}, school = {UNY}, keywords = {implementasi, program ekstrakurikuler.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/23473/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaknai pelaksanaan program ekstrakurikuler di SD N Tegalrejo 1 Yogyakarta yang meliputi: (1) kesiapan pengelola, (2) pelaksanaan, (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan, dan (4) dampak program ekstrakurikuler terhadap peserta didik di SD N Tegalrejo 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan fenomenologi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, instruktur kegiatan ekstrakurikuler, peserta didik, dan orang tua peserta didik yang ada di SD N Tegalrejo 1 Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi terhadap subjek penelitian. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Kesiapan pengelola: kepala sekolah berperan aktif dan terlibat secara langsung dalam perencanaan program ekstrakurikuler. Dalam implementasi program ekstrakurikuler kepala sekolah dibantu oleh guru, instruktur, dan orang tua peserta didik dengan menjalankan kewajiban sesuai tugas dan fungsinya masing-masing. (2) Pelaksanaan program diawali dengan persiapan yang dilakukan dari pihak sekolah meliputi: kebijakan kepala sekolah terkait pelaksanaan program ekstrakurikuler, persiapan sarana dan prasarana, persiapan instruktur program ekstrakurikuler, dan persiapan dana untuk masing-masing program ekstrakurikuler. Sedangkan persiapan yang dilakukan instruktur adalah persiapan materi dan alat-alat yang digunakan selama proses pelaksanaan program ekstrakurikuler. (3) Faktor pendukung dalam implementasi program ekstrakurikuler ini adalah pihak sekolah bekerjasama dengan orang tua peserta didik dalam melengkapi sarana sebagai penunjang program ekstrakurikuler sehingga dapat berjalan sesuai dengan harapan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan dana yang dimiliki sekolah dalam pengelolaan sarana terutama dalam hal perbaikan. (4) Dampak kegiatan ekstrakurikuler terhadap peserta didik adalah bertambahnya ilmu pengetahuan sesuai dengan kegiatan ekstrakurikuler yang diikutinya.} }