@unpublished{UNY23442, year = {2015}, school = {PGSD}, title = {ANALISIS KONDISI FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR SE-GUGUS II KECAMATAN SAMIGALUH, KABUPATEN KULON PROGO}, author = {Nur Cahyo Aridhianto}, month = {July}, url = {http://eprints.uny.ac.id/23442/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa kelas atas se-Gugus II Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena semua informasi yang diperoleh diwujudkan dalam bentuk angka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas atas Sekolah Dasar se-Gugus II Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 126 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berskala Likert sebagai metode utama dan menggunakan lembar pedoman observasi kondisi fasilitas belajar untuk menguatkan hasil penelitian. Uji validitas menggunakan penilaian ahli dan Korelasi Product Moment. Uji reliabilitas dengan konsistensi internal menggunakan teknik Alpha Cronbach. Hasil analisis menunjukkan bahwa kondisi fasilitas belajar di sekolah sebanyak 37 siswa (29,4 \%) menilai tingkat fasilitas belajar termasuk kategori tinggi, 78 siswa (61,9\%) menilai tingkat fasilitas belajar termasuk kategori sedang, dan 11 siswa (8,7\%) menilai tingkat fasilitas belajar termasuk kategori rendah. Hasil analisis motivasi belajar siswa menunjukkan bahwa sebanyak 20 siswa (15,9 \%) memiliki motivasi belajar termasuk kategori tinggi, 84 siswa (66,7\%) memiliki motivasi belajar termasuk kategori sedang, dan 22 siswa (17,4\%) memiliki motivasi belajar termasuk kategori rendah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kondisi fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa kelas atas sekolah dasar se-gugus II Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo termasuk kategori sedang. Kata kunci: kondisi fasilitas belajar, motivasi belajar} }