eprintid: 23423 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1280 dir: disk0/00/02/34/23 datestamp: 2015-07-14 01:38:31 lastmod: 2019-01-30 01:06:38 status_changed: 2015-07-14 01:38:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Arif, Widiyanto title: PENGARUH SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATA PELAJARAN K3 (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA) DI SMK N 2 DEPOK ispublished: pub subjects: telka divisions: ft_jurdik_elko_pend_elko full_text_status: public abstract: PENGARUH SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATA PELAJARAN K3 (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA) DI SMK N 2 DEPOK Oleh Arif Widiyanto NIM 11501247010 ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah ex-post facto bertujuan untuk mengetahui pengaruh Self-Efficacy dan Motivasi Berprestasi terhadap Kemandirian Belajar Mata Pelajaran K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di SMK N 2 Depok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomasi Industri SMK N 2 Depok yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda sebagai pengujian hipotesis. Keabsahan data diperoleh melalui validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif Self-Efficacy terhadap Kemandirian Belajar Mata Pelajaran K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di SMK N 2 Depok sebesar 39% yang dilihat dari nilai thitung = 4,230 (> ttabel = 1,701), pada signifikansi 5%, (2) Terdapat pengaruh yang positif Motivasi Berprestasi terhadap Kemandirian Belajar Mata Pelajaran K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di SMK N 2 Depok sebesar 25,9% yang dilihat dari nilai thitung = 3,127 (>ttabel =1,701), pada signifikansi 5%, dan (3) Terdapat pengaruh yang positif Self-Efficacy dan Motivasi Berprestasi secara bersama Kemandirian Belajar Mata Pelajaran K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di SMK N 2 Depok sebesar 40,2% yang dilihat dari nilai Fhitung = 9,068 (> Ftabel =2,93) pada signifikansi 5%. Kata kunci : Self-Efficacy, Motivasi berprestasi, kemandirian Belajar, K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja). date: 2015-07-14 date_type: published institution: U N Y department: Fakultas Teknik thesis_type: skripsi citation: Arif, Widiyanto (2015) PENGARUH SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MATA PELAJARAN K3 (KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA) DI SMK N 2 DEPOK. S1 thesis, U N Y. document_url: http://eprints.uny.ac.id/23423/1/arif%20widiyanto11501247010.pdf