@phdthesis{UNY23419,
            year = {2015},
           month = {July},
           title = {KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH IDEAL  
DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN  
SISWA KELAS X MAN SUMPIUH BANYUMAS},
          school = {Universitas Negeri Yogyakarta},
          author = {Irma Puspitasari},
             url = {http://eprints.uny.ac.id/23419/},
        abstract = {Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui (1)  perbedaan  keterampilan 
menulis cerpen  antara  siswa kelas X yang menggunakan strategi pembelajaran 
pemecahan masalah ideal dengan yang tidak menggunakan strategi pembelajaran 
pemecahan masalah ideal, (2)  keefektifan  strategi  pembelajaran  pemecahan 
masalah  ideal  dalam  pembelajaran  menulis  cerpen  pada  siswa  kelas  X  MAN 
Sumpiuh Banyumas. 
Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kuantitatif  dengan  desain 
penelitian  eksperimen.  Model desain  penelitiannya  menggunakan  pretest  dan 
posttest  dengan  kelompok  kontrol (control  group  pretest-posttest  design). 
Variabel dalam penelitian ini adalah variabel  bebas berupa strategi pembelajaran 
pemecahan masalah ideal dan variabel terikat berupa keterampilan siswa menulis 
cerpen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X. Teknik pengambilan sampel 
dilakukan dengan simple random sampling dengan cara pengundian. Berdasarkan 
teknik  tersebut, ditetapkan bahwa kelas X-3 sebagai kelompok kontrol dan kelas 
X-4  sebagai  kelompok  eksperimen.  Teknik  pengumpulan data yang digunakan 
adalah  tes  keterampilan  menulis  cerpen.  Isi instrument  dikonsultasikan  dengan 
para  ahlinya (expert judgement).  Uji  reliabilitas  menggunakan  rumus  alpha 
cronbach.  Sebelum  dilakukan  analisis  menggunakan  uji-t  maka  dilakukan  uji 
persyaratan  analisis  menggunakan  uji  normalitas  dan  uji  homogenitas. 
Berdasarkan  perhitungan  tersebut  kedua  kelompok  tersebut  terbukti  bahwa  skor 
pretest  dan  posttest  kelompok  tersebut normal dan  homogen.  Selanjutnya 
dilakukan uji beda menggunakan uji-t. 
Hasil  uji-t  skor  pretest  dan  posttest  keterampilan  menulis  cerpen 
menunjukkan bahwa nilai t lebih besar dari ttabel (4,576{\ensuremath{>}} 2,000) taraf signifikansi 
5\% dengan  db  58  dan  diperoleh  nilai  p  = 0,000 yang lebih  kecil  dari 0,05. 
Kesimpulan  dari  penelitian  ini  adalah  (1)  terdapat  perbedaan  keterampilan 
menulis  cepen  antara  kelompok  siswa  yang diajar  pembelajaran menulis  cerpen 
menggunakan  strategi  pembelajaran  pemecahan  masalah  ideal  dan  tanpa 
menggunakan  strategi  pembelajaran  pemecahan  masalah  ideal  siswa  kelas  X 
MAN Sumpiuh Banyumas, (2) pembelajaran  menulis  cerpen  kelompok yang 
menggunakan  strategi  pembelajaran  pemecahan  masalah  ideal  lebih  efektif 
dibandingkan dengan kelompok yang melaksanakan pembelajaran menulis cerpen 
tanpa menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah.}
}