TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/23396/ M1 - skripsi ID - UNY23396 AV - public TI - HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA PEMONDOK DAN SISWA PENGLAJU MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) WONOKROMO BANTUL PB - UNY A1 - Lilis, Maysaroh Y1 - 2012/// N2 - Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi setiap manusia dan prestasi belajar adalah hasil pendidikan yang diaktualisasikan dalam bentuk nilai. Dalam pencapaian prestasi belajar terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar siswa pemondok MAN Wonokromo Bantul (2) mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan prestasi belajar siswa penglaju MAN Wonokromo Bantul. (3) mengetahui perbedaan prestasi belajar geografi antara siswa pemondok dan siswa penglaju MAN Wonokromo Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 365 siswa. Sampel yang diambil adalah siswa kelas X, XI IPS dan XII IPS yang berjumlah 126 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional sampling. Pembagian sampel dalam penelitian ini adalah siswa pemondok sejumlah 30 siswa dan siswa penglaju sejumlah 96 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan hasil murni mid semester dan Ujian Semester gasal Tahun Pelajaran 2011/2012. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat hubungan yang positif antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar siswa pemondok. Dibuktikan dengan P-value sebesar 0,056(2) tidak terdapat hubungan yang positif antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar siswa penglaju. Dibuktikan dengan P-value sebesar 0,254 (3) tidak terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara prestasi belajar geografi siswa pemondok dengan prestasi belajar geografi siswa penglaju. Dibuktikan dengan nilai komparasi dapat diketahui dari t hitung sebesar (-2,365) dimana t hitung lebih besar dari t tabel (2,000). Kata Kunci: Lingkungan belajar, Prestasi Belajar ER -