eprintid: 23386 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1258 dir: disk0/00/02/33/86 datestamp: 2015-07-13 04:27:05 lastmod: 2015-07-13 04:27:05 status_changed: 2015-07-13 04:27:05 type: experiment metadata_visibility: show creators_name: Agus, Widyantoro creators_name: Pujiati Suyata, Prof. Dr. creators_name: Suhardi, DR. corp_creators: LPPM UNY title: MODEL ASESMEN KOMUNIKATIF YANG TERSKALA BAKU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ispublished: pub subjects: subject_lppm divisions: lppm full_text_status: public keywords: asesmen komunikatif, terskala baku, pembelajaran bahasa note: LAPORAN HASIL PENELITIAN HIBAH PENELITIAN TIM PASCASARJANA 2013 abstract: Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model asesmen komunikatif yang terskala baku dalam pembelajaran bahasa. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu survei needs assessment, pelatihan pengembangan asesmen komunikatif, penyusunan soal oleh guru, ujicoba soal, dan analisis hasil ujicoba. Subjek penelitian adalah 48 guru SMA propinsi DIY, terdiri atas 21 orang guru Bahasa Indonesia dan 27 orang guru Bahasa Inggris. Hasil penelitian berupa 30 set perangkat asesmen komunikatif yang sudah terstandardisasi. Penelitian juga menghasilkan buku panduan penyusunan asesmen komunikatif dalam pembelajaran bahasa. date: 2013 date_type: published funders: DIPA citation: Agus, Widyantoro and Pujiati Suyata, Prof. Dr. and Suhardi, DR. (2013) MODEL ASESMEN KOMUNIKATIF YANG TERSKALA BAKU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA. [Experiment/Research] document_url: http://eprints.uny.ac.id/23386/1/AgusWidyantoro_UNY_TimPascaSarjana.pdf