TY - JOUR UR - http://eprints.uny.ac.id/23383/ TI - MODEL ASESMEN KOMUNIKATIF YANG TERSKALA BAKU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA AV - public KW - asesmen komunikatif KW - terskala baku KW - pembelajaran bahasa ID - UNY23383 A1 - Agus, Widyantoro A1 - Pujiati Suyata, Prof. Dr. A1 - Suhardi, DR. JF - Artikel Penelitian Pascasarjana N2 - Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model asesmen komunikatif yang terskala baku dalam pembelajaran bahasa. Penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu survei needs assessment, pelatihan pengembangan asesmen komunikatif, penyusunan soal oleh guru, ujicoba soal, dan analisis hasil ujicoba. Subjek penelitian adalah 48 guru SMA propinsi DIY, terdiri atas 21 orang guru Bahasa Indonesia dan 27 orang guru Bahasa Inggris. Hasil penelitian berupa 30 set perangkat asesmen komunikatif yang sudah terstandardisasi. Penelitian juga menghasilkan buku panduan penyusunan asesmen komunikatif dalam pembelajaran bahasa. Y1 - 2013/// N1 - Laporan Penelitian Pascasarjana 2013 ER -