%0 Generic %A Bambang, Subali %A Siti, Mariyam %A LPPM UNY, %D 2013 %F UNY:23378 %K kreativitas, keterampilan proses sains, pembelajaran, aktivitas kehidupan %T PENGEMBANGAN KREATIVITAS KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM ASPEK KEHIDUPAN ORGANISME PADA MATA PELAJARAN IPA SD %U http://eprints.uny.ac.id/23378/ %X Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa jauh pengembangan kreativitas keterampilan proses sains dalam aspek kehidupan organisme melalui IPA di SD di DIY. Penelitian ini merupakan hasil need assessment yang dilaksanakan pada tahun pertama dari penelitian dengan judul kreativitas keterampilan proses sains dalam aspek kehidupan organisme pada mata pelajaran IPA SD yang akan dilaksanakan selama tiga tahun. Pengumpulan data melalui survei dengan teknik sampel gugus setelah ditetapkan Unit Pelaksana Tenis (UPT) Dinas Pendidikan yang mewakili wilayah perkotaan dan pinggiran. Hasil survei terhadap 400 guru kelas IV dan V serta 1200 grup peserta didik dari 10 UPT di lima kabupaten/kota di DIY menunjukkan hampir semua guru menyatakan pentingnya pembelajaran untuk mengembangkan kreativitas keterampilan proses sains dalam aspek kehidupan kepada peserta didik. Mereka hampir tidak pernah atau jarang membelajarkannya tanpa disertai pemberian contoh. Umumnya mereka sering melakukannya dengan disertai pemberian contoh. Tidak ada guru yang melaporkan pernah mengikuti diklat pengembangan kreativitas. %Z LAPORAN AKHIR PENELITIAN HIBAH KOMPETENSI 2013