@misc{UNY23375, title = {PENGEMBANGAN PENILAIAN DIRI (SELF ASSESSMENT) PADA PRAKTEK MENJAHIT ROK BERFURING PRODI PT. BUSANA FAKULTAS TEKNIK UNY}, author = {M.Pd. Emy Budiastuti and M.Pd. Prapti Karomah}, note = {LAPORAN AKHIR PENELITIAN KELOMPOK KAJIAN 2013}, year = {2013}, url = {http://eprints.uny.ac.id/23375/}, keywords = {pengembangan penilaian, self assessment, rok berfuring}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui karakteristik instrumen penilaian diri (Self assessment) pada praktek menjahit rok berfuring, 2) menyusun prosedur penilaian diri (Self Assessment) pada praktek menjahit rok berfuring, 3) mengetahui apakah ada konsistensi penilaian antara penilaian diri (Self Assessment) dengan penilaian dosen pada praktek menjahit rok berfuring Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R \& D). Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan pendidikan yang dikembangkan oleh Borg and Gall (1983: 772). Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PT Busana Fakultas Teknik UNY. Sampel penelitian sebagai sumber informasi adalah mahasiswa yang menempuh mata kuliah Teknologi busana II. Jumlah sampel penelitian sebanyak 32 orang. Teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling. Metode pengambilan data menggunakan perangkat penilaian berupa lembar penilaian, rubrik, prosedur penilaian dan cara menentukan skor skhir. Validitas instrumen menggunakan validitas isi berdasar judgment-expert, yaitu ahli bidang Teknologi Busana dan ahli pengukuran. Sedangkan analisis reliabilitas berdasar inter-rater. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif Hasil penelitian ini adalah: (1) instrumen non tes yang berupa: lembar penilaian yang dilengkapi dengan bobot dan skala penilaian, rubrik, prosedur penilaian, dan cara pensekoran. Melalui uji validitas dan reliabilitas, instrument menjahit rok telah memenuhi sebagai instrumen yang baik dengan indek reliabilitas sebesar 0,87 ; (2) prosedur penilaian dikembangkan mulai dari sosialisasi instrument, mencermati instrument, teknis pelaksanaan. Penilaian/pengamatan mulai dari persiapan sampai hasil; (3) Konsistensi penilaian antara dosen dengan mahasiswa menghasilkan indek dari Kappa sebesar 0,69. Besarnya indek reliabilitas menunjukkan bahwa antara penilaian mahasiswa dan dosen belum ada konsistensi, sehingga perlu adanya sosialisasi lebih mendalam.} }