?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.relation=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F23364%2F&rft.title=PENGEMBANGAN+REASONING-BASED+DIAGNOSTIC+TEST+MATA+PELAJARAN+FISIKA+UNTUK+MENGIDENTIFIKASI+KESULITAN+BELAJAR+DAN+MISKONSEPSI+SISWA+SMA&rft.creator=Mundilarto%2C+Mundilarto&rft.creator=Zuhdan+Kun+Prasetyo%2C+Zuhdan&rft.creator=Suyoso%2C+Suyoso&rft.subject=LPPM&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+%3A+(1)+mendeskripsikan+karakteristik+dari+produk+instrumen+reasoning+based+diagnostic+test+pada+mata+pelajaran+Fisika+untuk+SMA%2C+(2)+mendeskripsikan+bentuk+produk+butir-butir+soal+reasoning+based+diagnostic+test+pada+mata+pelajaran+Fisika+untuk+SMA%2C+(3)+mengidentifikasi+kesulitan+belajar+dan+miskonsepsi+pada+mata+pelajaran+Fisika+menggunakan+perangkat+reasoning+based+diagnostic+test+yang+telah+dikembangkan.%0D%0A%09%09Metode+pengembangan+produk+yang+digunakan+di+dalam+penelitian+ini+adalah+Research+and+Development+(R+%26+D).+Adapun+ketentuan-ketentuan%2Fprosedur+kerja+yang+dilakukan+melalui+beberapa+langkah+utama+yang+harus+ditempuh+dalam+mengembangkan+tes%2C+yaitu%3A+(1)+menyusun+spesifikasi+tes%2C+(2)+menulis+tes%2C+(3)+menelaah+tes%2C+(4)+melakukan+uji+coba+tes%2C+(5)+menganalisis+butir+soal%2C+(6)+memperbaiki+tes%2C+(7)+merakit+tes%2C+(8)+melaksanakan+tes%2C+dan+(9)+menafsirkan+hasil+tes.+%0D%0A%09%09Hasil+penelitian+ini+dapat+disimpulkan+bahwa%3A+(1)+Karakteristik+instrumen+tes+diagnostik+yang+dikembangkan+adalah+sebagai+berikut.+Setiap+soal+dilengkapi+dengan+deskripsi+tentang+kompetensi+yang+ingin+dicapai%2C+dimensi+pengetahuan+yang+diperlukan+yaitu+faktual%2C+konseptual%2C+atau+prosedural%2C+level+kemampuan+kognitif%2C+learning+continuum%2C+dan+hierarki+materi+prasyarat.+(2)+Setiap+soal+berbentuk+pilihan+ganda+dengan+lima+alternatif+jawaban+(option)+disertai+ruang+untuk+menuliskan+alasan+dan+tingkat+keyakinan+siswa+(%25)+dalam+menjawab.+(3)+Sebagian+besar+siswa+yang+dijadikan+subjek+penelitian+masih+mengalami+kesulitan+belajar%2C+baik+di+dalam+memahami+konsep-konsep+fisika+tertentu+maupun+penerapan+matematika+untuk+penyelesaian+soal+fisika.+(4)+Sebagian+besar+siswa+yang+dijadikan+subjek+penelitian+masih+mengalami+miskonsepsi+tentang+beberapa+konsep+fisika+terutama+yang+memiliki+hubungan+sangat+erat%2C+baik+secara+fungsional+maupun+kemiripan+istilah.&rft.date=2013&rft.type=Experiment%2FResearch&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.language=en&rft.identifier=http%3A%2F%2Feprints.uny.ac.id%2F23364%2F1%2FLaporan%2520PENELITIAN%2520DIPA%25202013.doc&rft.identifier=++Mundilarto%2C+Mundilarto+and+Zuhdan+Kun+Prasetyo%2C+Zuhdan+and+Suyoso%2C+Suyoso++(2013)+PENGEMBANGAN+REASONING-BASED+DIAGNOSTIC+TEST+MATA+PELAJARAN+FISIKA+UNTUK+MENGIDENTIFIKASI+KESULITAN+BELAJAR+DAN+MISKONSEPSI+SISWA+SMA.++%5BExperiment%2FResearch%5D+++++