%0 Thesis %9 S1 %A Hidayah, Nurul %A Drs. Martono, M.Pd., %B Universitas Negeri Yogyakarta %D 2015 %F UNY:23336 %I Prodi. Pendidikan Seni Kerajinan %K Pembelajaran, ornamen. %T PEMBELAJARAN MENGGAMBAR KRIYA TEKSTIL DI KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KRIYA TEKSTIL SMK NEGERI 2 SEWON %U http://eprints.uny.ac.id/23336/ %X Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan pembelajaran menggambar kriya tekstil di SMK Negeri 2 Sewon yang dilihat dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, datanya berupa kata-kata dan tindakan yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian ini merupakan pembelajaran menggambar kriya tekstil di kelas X T2 program keahlian kriya tekstil SMK Negeri 2 Sewon. Subjek yang dideskripsikan dalam penelitian ini ialah guru dan peserta didik kelas X T2 yang melaksanakan pembelajaran menggambar kriya tekstil. Teknik pengumpulan data ialah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data ialah menggunakan ketekunan pengamat dan triangulasi. Adapun analisis data dengan tahap membuat reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru adalah silabus dan RPP. Media yang digunakan berupa contoh gambar. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran adalah CTL, ceramah, demonstrasi, dan penugasan. Materi yang diajarkan adalah ornamen. 2) Pelaksanaan pembelajaran menggambar kriya tekstil menggunakan kurikulum KTSP 2006 meliputi kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfrimasi. 3) Penilaian pembelajaran yang dilakukan guru dititik beratkan pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil karya ornamen Kalimantan, ornamen Jepara, dan ornamen Bali sudah tergolong baik karena semua sudah mencapai standar KKM 75 dan dinyatakan tuntas.