TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat membaca siswa kelompok B2 TKIT Sinar Melati Padasan Pakem menggunakan media buku cerita bergambar. Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menunjuk pada proses pelaksanaan penelitian yang dikemukakan oleh Kemmis dan Taggart. Tempat pelaksanaan penelitian di TKIT Sinar Melati Padasan Pakem. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B2 yang berjumlah 25 anak terdiri dari 14 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Obyek penelitian ini adalah media buku cerita bergambar. Tindakan kelas ini berlangsung dalam dua siklus yang masing-masing siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan minat membaca siswa kelompok B2 TKIT Sinar Melati Padasan Pakem, dengan media buku cerita bergambar. Peningkatan itu dapat dilihat dari perolehan rata-rata hasil observasi terhadap siswa dari sebelum tindakan perolehan rata-rata hasil observasi sebesar 20,16. Setelah pelaksanaan siklus I perolehan rata-rata hasil observasi menjadi 25. Setelah pelaksanaan siklus II perolehan rata-rata hasil observasi meningkat 27,44. Berdasarkan perolehan rata-rata nilai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan media buku cerita bergambar dapat meningkatkan minat membaca siswa kelompok B2 TKIT Sinar Melati Padasan Pakem. Y1 - 2015/07/10/ PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Santi, Susilawati AV - public TI - UPAYA MENINGKATKAN MINAT MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR KELOMPOK B2 TKIT SINAR MELATI PADASAN PAKEM M1 - skripsi ID - UNY23293 UR - http://eprints.uny.ac.id/23293/ ER -